25 radar bogor

Bank Mandiri Bakal Akusisi Bank Permata, Sudah Masuk Tahap Negosiasi

Ilustrasi teller Bank Mandiri tengah melayani nasabahnya (DOK.JAWAPOS.COM)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Bank Permata berencana diakusisi oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Hal ini disampaikan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo.

Dirinya menyebut pekan ini proses negosiasi dimulai dan sudah masuk tahap due diligence.

“Kami mulai negosiasi minggu ini masih bisa fifty fifty (50:50). Kalau harganya cocok ya jalan, kalau tidak ya tidak apa apa. Kan negosiasi dalam jual beli itu bisa cocok bisa nggak,” kata Tiko di Mandiri Club, Jakarta, Selasa (9/4/2019) seperti dikutip dari detik.com.

Kabarnya Bank Mandiri dan Bank Permata sudah sepakat soal harga akuisisi ini. Namun Tiko menjelaskan jika hal tersebut hanya rumor, pasalnya belum ada kesepakatan apapun.

Saat ini Bank Mandiri sudah berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Badan usaha Milik Negara (BUMN) untuk proses akuisisi dan belum ada izin yang dikeluarkan oleh kedua belah pihak.

Dia menjelaskan jika memang proses akuisisi terjadi maka Bank Mandiri akan menggabungkan Bank Permata dengan salah satu anak usahanya. Bank Mandiri sendiri memiliki dua anak usaha bank yakni Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri Taspen.