25 radar bogor

Penerima Beasiswa LPDP Tembus 20 Ribu Orang

Ilustrasi Foto Beasiswa yang disediakan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kamis (11/01/2024).

JAKARTA-RADAR BOGOR,Beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) masih menjadi rujukan pemburu beasiswa. Direktur LPDP Mokhamad Makhdum menuturkan, hingga akhir 2018 penerima beasiswa LPDP tembus 20.255 orang. Jumlah ini akan terus bertambah.

Makhdum menjelaskan sebagian penerima beasiswa LPDP masih menjalani studi. Kemudian beberapa orang lainnya sedang persiapan pembengkalan tahun ini. Jejaring para penerima beasiswa LPDP telah tersebar di berbagai kementerian atau embaga, TNI dan Polri, perusahaan swasta, LSM, perguruan tinggi, pemerintah daerah dan sektor lainnya.

“Mereka calon pemimpin bangsa yang kami siapkan untuk membangun Indonesia,” ucapnya di Bogor Sabtu (30/3). Peminat beasiswa LPDP selalu ramai setiap tahun.

Penerima beasiswa LPDP yang akan diberangkatkan tergabung dalam angkatan Persiapan Keberangkatan (PK) 141. Di antara kegiatan jelang pemberangkatan adalah membantu pemerintah membangun desa. Angkatan PK 141 yang terdiri dari 111 orang membantu pengembangan desa di Cimulang, Kecamatan Rancabugur, Kabupaten Bogor. Program membantu pemerintah ini diberi nama Cimulang Desa Wisata Sawit.

Ketua PK 141 Bona Sardo Hasoloan mengatakan, mereka menggelar beragam program di desa Cimulang. Seperti pemberian bantuan sumur bor dan fasilitas air bersih. “Kemudian pembangunan gapura desa, pengembangan kewirausahaan, workshop perikanan, dan kultivasi jamur,” tuturnya.

Kemudian ada pemeriksaan mata dan gigi secara cuma-cuma kepada para warga dan anak-anak. Pada acara tersebut, PK 141 juga menyajikan penyuluhan parenting (pendidikan keluarga) serta edukasi masyarakat melalui mobil pintar dan mobil sehat.

“Masyarakat desa Cimulang mengalami kesulitan akses air bersih, kondisi MCK pun kurang memadai,” ujarnya. Padahal mereka memiliki potensi besar menjadi desa wisata sawit. Karena sebagian wilayah desanya adalah perkebunan. (jpg)