25 radar bogor

SMKN 1 Bogor Luncurkan Edu Travel

Keluarga besar SMKN 1 Bogor saat prosesi pengguntingan pita tanda peluncuran program.

BOGOR – RADAR BOGOR,Mengusung pola industri 4.0, SMKN 1 Kota Bogor meluncurkan program Edu Travel untuk bidang kompetensi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) pertama di Indonesia.

Dikatakan Kepala Bidang Program UPW SMKN 1 Kota Bogor, Carwi, program ini merupakan hasil kerjasama bersama rekanan pengembangan industri parwisata nasional.

“Konsep programnya sendiri mengarah kepada teaching factory bidang pariwisata. Di mana di sekolah mulai hari ini dibuka layanan perjalanan wisata, dengan tujuan domestik hingga internasional,” kata Carwi kepada Radar Bogor seusai peluncuran Edu Travel Harmony, Jumat (29/3).

Sambung Carwi, dalam program tersebut memungkinan para peserta didik, terutama bidang pariwisata melakukan kegiatan pelayanan, perancangan, dan pelaksanaan.

“Nantinya setiap hari akan disediakan dua orang murid, sebagai petugas piket. Di mana metode ini sejalan dengan proses implementasi teaching factory dalam kurikulum 2013 SMK,” tutur Carwi.

Sementara itu, Kepala Harmoni Tours and Travel, Anton Rivaldi mengatakan jalinan kerjasama ini merupakan proyek edukasi bisnis pariwisata di sekolah.

“Semua pelayanan tersinkronisasikan dengan semua kebutuhan, guna melakukan perjalanan. Selain itu, para murid nantinya akan bertugas menjadi guide para wisatawan,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Wakasek Humas SMKN 1 Bogor, Nani Maryani mengatakan, untuk ke depannya pihaknya akan mencoba sosialisasi dan penyebaran bagi masyarakat.

“Layanan ini terbuka untuk umum ataupun internal sekolah. Dengan harapan adanya program ini menjadi salah satu media pembelajaran anak mengenal lebih jelas kondisi serta teknis bidang industri parwisata,” harapnya, yang diamini PLT Kepala SMKN 1 Bogor, Uus Sukmara. (wil/c)