25 radar bogor

Inisiasi Antam Kembangkan Taman Buah Nusantara di Bogor

Direktur HC & CSR PT Antam Tbk Johan N.B. Nababan menandatangani peresmian Taman Buah Nusantara, Kecamatan Nanggung.

NANGGUNG – RADAR BOGOR,PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) dengan bangga mengumumkan bahwa Perusahaan melakukan inisiasi pengembangan Taman Buah Nusantara di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. ANTAM mengembangkan 14 varian buah asli Indonesia sebanyak 515 bibit di areal seluas 3 hektare.

Taman Buah Nusantara merupakan salah satu bagian dalam rencana strategis pengembangan Kawasan GeoEcoEdutoursim setelah Museum Tambang “Underground Park” dan Kawasan Wisata Cikaret yang telah menjadi bagian dalam Taman Bumi Nasional yakni Geopark Pongkor, di Bogor Jawa Barat.

Direktur Human Capital & CSR ANTAM, Johan NB. Nababan mengatakan, “Program Taman Buah Nusantara merupakan salah satu implementasi pelaksanaan tanggung jawab sosial Perusahaan (CSR), khususnya di sektor pelestarian alam sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat.”

Menurutnya, program ini akan menjadi salah satu infrastruktur yang memperkuat program CSR lainnya yang telah ada bahkan menjadi bagian dalam Geopark Nasional. “Sebagai Perusahaan dengan tata kelola pelaksanaan CSR yang baik, ANTAM senantiasa mewujudkan program yang berkelanjutan dan mendukung peningkatan kemandirian masyarakat,” ujarnya.

Sebanyak 14 varian buah Nusantara asli Indonesia dikembangkan. Yaitu, Durian Pelangi, Kelengkeng Aroma Durian, Kelengkeng New Kristal, Kelengkeng Verni, Alpukat Miki, Alpukat Aligator, Alpukat Si Kendil, Mamey Sapote Proletto, Sawo Jumbo, Jambu Kristal, Anggur Pohon, Pepaya Kalina, Murbei Jumbo, dan Miracle Fruit.

Pengembangan Taman Buah Nusantara telah dimulai sejak Desember 2018. Bibit tanaman buah sudah ditanam dengan status perkembangannya sebagai berikut: Jambu Kristal (86 bibit), Mamey Sapote Proletto (8 bibit), Miracle Fruit (5 bibit), Alpukat Miki (10 bibit), Alpukat Si Kendil (10 bibit), Anggur Pohon (5 bibit), Durian Pelangi (1 bibit).

Dalam waktu kurang dari satu tahun diharapkan tanaman buah yang dapat panen, yakni Jambu Kristal, Pepaya Kalina, Murbey Jumbo dan Miracle Fruit. Sedangkan tanaman buah yang panen dalam jangka waktu 2-3 tahun adalah Kelengkeng 3 varian, Alpukat 3 varian, Sawo Jumbo, Mamey Sapote Proletto, dan Anggur Pohon.

ANTAM bersama masyarakat melaksanakan program mulai dari persiapan dan penataan lahan,  penanaman bibit tanaman buah, pembangunan instalasi pengairan dan perawatan dan pendampingan program.

Perusahaan berharap program ini dapat memberikan stimulus berkembangnya nilai tambah baru dari produk pengembangan budidaya Taman Buah Nusantara. ANTAM juga melihat berbagai kemungkinan untuk pengembangan tanaman buah unggul endemik yang ada di wilayah Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

Melalui program ini, Perusahaan juga berharap selain tercapai tujuan terbentuknya fungsi pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, juga tercapai fungsi pengembangan sosial dan wisata dalam rangka penguatan Geopark Pongkor yang telah menjadi perhatian untuk menjadi Jaringan Geopark  Global UNESCO. (**abe)