25 radar bogor

 Hari Meteorologi Dunia, Mahasiswa IPB Gelar Edukasi Mitigasi Bencana

BOGOR – RADAR BOGOR, Bertepatan dengan Hari Meteorologi Dunia, Mahasiswa IPB Department Geofisika dan Meteorologi mengadakan berbagai kegiatan.

Satu di antaranya, Meteorologi Day atau May Day 2019 dengan longmarch dan mengitari jogging track lapangan Sempur.

Kegiatan itu dilakukan tidak hanya bentuk seremoni, namun ingin mengingatkan, mengajak dan peduli dalam menjaga lingkungan. Sehingga dapat terhindar dari berbagai bencana alam.

“Kami ingin lebih memperkenalkan meteorologi, termasuk bencana hidrometeorologi,” terang Naufal Zaidan. Pastinya, kata dia, berbentuk edukasi masyarakat tentang mitigasi, antisipasi dan pencegahan bencana alam.

Selain membawa poster, flyer dan penyuluhan di antara warga yang berolahraga di lapangan Sempur, mereka juga menarik perhatian dengan tampilan nyeleneh dan hiburan berupa perkusi serta live music.

“Memilih Sempur untuk kampanye langsung karena pada Minggu pagi masyarakat Bogor banyak banyak melakukan aktivitas. Mereka biasa ngumpul pagi, jadi sasaran sesuai,”ungkap Naufal.

Kegiatan lain, lomba poster dan vlog terbuka untuk mahasiswa dan umum melalui online. Lomba ini sudah ditutup, Senin (25/3) kemarin. Kampanye meteorologi juga dilakukan secara online, melalui media sosial hingga Sabtu (29/3) mendatang.

Ditutup diskusi terbuka pada 1 April di Audit Abdul Muis Nasution, IPB Dramaga. Narasumber diskusi dari BMKG, Lapan, BNPB dan organisasi climate institute. (mer/c)