25 radar bogor

Kampung Prabowo di Hambalang Jadi Kampung Siaga Bencana

Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita, menetapkan Hambalang sebagai Kampung Siaga Bencana, Senin (25/3/2019).

CITEUREUP-RADAR BOGOR, Tempat tinggal calon presiden (Capres) Nomor Urut 02, Prabowo Subianto, di Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, ditetapkan sebagai Kampung Siaga Bencana.

Penetapan Hambalang sebagai Kampung Siaga Bencana ini dilakukan Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita, Senin (25/3/2019).

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, Kampung Siaga Bencana harus ditindaklanjuti dengan membentuk gardu sosial, lumbung sosial, dan menghadirkan masyarakat peduli peduli bencana.

“Kampung Siaga Bencana bisa dibilang berhasil jika mampu menangani dan memitigasi bencana jika ada gardu sosial. Jadi kami akan beri pelatihan tanggap dan mitigasi bencana kepada warga Desa Hambalang,” ujar Agus kepada awak media di Tagana Training Center, Desa Hambalang, Citeureup, Senin (25/3/2019).

Desa Hambalang dianggap memiliki tingkat pergerakan tanah cukup tinggi. Untuk menuju Tagana Training Center pun, jalan yang harus dilalui terjal, bergelombang dan rusak di sana sini.

Hal itu kemudian menjadi dasar penetapan Bukit Hambalang sebagai Kampung Siaga Bencana. Kementerian Sosial juga akan meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor memperbaiki jalan itu.

Selain menetapkan Kampung Siaga Bencana, Agus juga menanam 650 bibit pohon di sekitar Tagana Training Center. “Untuk memperbaiki ekosistem sekaligus memperingati hari jadi Tagana ke-15,” pungkasnya.(cek/ps/pin)