25 radar bogor

Pengemis dan Gelandangan Masih Marak di Kota Bogor, Ini Titik-Titik Mangkalnya

BERTAMBAH: Terus bertambahnya pengemis di jalan raya membuat resah masyarakat
BERTAMBAH: Terus bertambahnya pengemis di jalan raya membuat resah masyarakat

BOGOR-RADAR BOGOR, Status sebagai kota jasa membuat Kota Bogor menjadi tujuan pengemis mencari uang. Suburnya pengemis di Kota Bogor terjadi karena penegakan Perda 8/2009 belum optimal.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Sosial Kota Bogor Azrin Syamsudin.

“Kalau perda itu ditegakkan, maka tidak ada lagi pengemis di jalan. Seharusnya pengemis itu di tipiring, kalau sekarang diserahkan ke Dinsos,” ujar Azrin.

Menurut Azrin, dalam menekan angka pengemis di Kota Bogor, Dinsos Kota Bogor hanya bisa melakukan razia dan melakukan pembinaan agar mereka kembali tak mengemis. Meski demikian, besarnya perputaran uang dan gampangnya mencari uang dengan mengemis membuat mereka kembali turun ke jalan.

Di Kota Bogor, ada beberapa titik pengemis yang sulit ditertibkan. Beberapa di antaranya adalah setiap pemberhentian lampu merah Tugu Kujang, Warung Jambu, Yasmin, Patung Narkoba, Elos, Bubulak, dan Bogor Permai.

“Masyarakat harus paham, income pengemis itu sangat besar. Contoh kecilnya bapak pengemis yang nyewa mobil itu saja. Dalam dua jam dia dapat Rp 120 ribu,” kata Azrin. (ipe)