25 radar bogor

Pemkot Bogor ‘Persolek’ Komplek Balaikota

TERTAWA LEPAS: Sejumlah siswa memanfaatkan arena bermain di taman ramah anak Balaikota Bogor, Jumat (25/5).

BOGOR-RADAR BOGOR,Pertengahan tahun ini, komplek Balaikota Bogor akan berubah penampilannya. Jika saat ini lorong yang menghubungkan antara Balaikota dengan Gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Bogor terlihat kumuh, nantinya jalan itu tak lagi terlihat menyeramkan.

Selain lorong, Bagian Umum pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bogor kini sudah mulai melakukan pembenahan gedung eks Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA).

Kepala Bagian Umum Setda Kota Bogor Yadi Cahyadi mengatakan, lorong yang berada di bawah Gedung Kemuning Gading itu akan dibuat lebih nyaman dan rapi. Sebab sebelumnya terlihat gelap dan kumuh karena minim penerangan.

“Nanti akan dipasang plafon dan ditambahkan lampu-lampu, rencana juga temboknya mungkin dibuat gambar-gambar 3D agar masyarakat nyaman saat lewat,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Sementara untuk kantor eks BKPSDA akan digunakan oleh dua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Yaitu Kantor untuk para Asisten Setda dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Semua asisten, kata dia, akan ditempatkan di lantai dua. Hal itu dilakukan untuk mempermudah kinerja dan fungsi koordinasi. Selain ruang kerja, akan disediakan juga ruang rapat.

“Akses jalan yang sebelumnya terputus di lantai dua antara Gedung Setda dengan eks BKPSDA akan disatukan, nanti staff ahli juga kemungkinan akan di lantai dua itu,” tuturnya.

Kemudian, sambung dia, sebagian ruangan eks BKPSDA akan digunakan untuk menambah ruang kerja BPKAD. Namun akses masuk akan dipisahkan dengan ruang kantor Asisten Setda.

“Segera nanti saya rapihkan dan di sekat-sekat, jadi fokus untuk BPKAD dan Asisten Setda,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, pembenahan yang dilakukan di lingkungan komplek Balaikota Bogor bertujuan agar semua yang hadir dapat merasakan kenyamanan.

Baik para tamu maupun para pegawai ASN. Mimpinya juga ke depan ingin membuat sebuah lobby besar seperti lounge yang bisa menampung tamu-tamu saat menunggu. Inspirasi itu hadir setelah dia mengunjungi Kabupaten Banyuwangi.

“Lounge itu ada di Banyuwangi dan bagus juga,” kata dia.

Terlepas dari hal itu, Ade berharap di tahun 2019 ini penataan Balaikota, Sekretariat Daerah (Setda) dan lingkungan kerja di sekitarnya bisa lebih baik tertata.

“Minimal membuat betah karena kan Plaza Balaikota sudah lumayan nyaman,” pungkasnya. (gal/c)