25 radar bogor

Mau Ujian, Laptop SMK Mutiara Insani Cibinong Raib Digondol Maling

Ruangan tempat penyimpanan laptop di SMK Mutiara Insani Cibinong, nampak berantakan setelah diacak-acak pelaku, Jumat (21/3/2019) dini hari.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Aksi pencurian dengan menyasar sekolah kembali terjadi. Kali ini dialami SMK Mutiara Insani Cibinong, Kabupaten Bogor. Tiga unit laptop dan satu unit infocus yang dipersiapkan untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) raib digondol maling.

Padahal, tiga hari lagi sekolah akan melaksanakan UNBK. Pelaku menggondol tiga unit laptop di laboratorium komputer pada Jumat (22/3/2019) dini hari sekitar pukul 02:00 Wib.

Kepala Cabang Dinas (KCD) Wilayah I Jawa Barat, Asep Sudarsono menjelaskan, pencurian ini terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. Pelaku masuk ke laboratorium komputer dengan cara merusak pintu belakang sekolah.

Tiga unit laptop dan satu unit infocus di ruangan yang sama raib digondol pelaku. Peristiwa pencurian ini menjadi pukulan bagi dunia pendidikan, khsusnya di Wilayah I Jawa Barat.

Pasalnya, kata dia, tiga hari lagi, tepatnya Senin 25 Maret 2019 merupakan jadwal pelaksanaan ujian nasional. Kejadian serupa menurutnya terjadi tahun lalu dengan jumlah kehilangan lebih banyak.

“Seperti tahun lalu ada 40 komputer, sama juga menjelang ujian nasional. Tapi, itu kejadiannya di sekolah lain,” ujarnya kepada Radar Bogor, Jumat (22/3/2019).

Meski begitu, Asep tak khawatir peristiwa tersebut mengganggu pelaksanaan ujian nasional. Karena, ia mengaku punya laptop lain untuk digunakan sementara dalam pelaksanaan ujian nasional.

Di samping itu, ia akan mengumpulkan semua Kepala Sekolah di wilayah I Jawa Barat pada Sabtu (23/3), khusus membahas pencurian laptop. Ia akan memberlakukan sistem piket agar peralatan penunjang ujian nasional aman.

“Besok kita kumpulkan kepala-kepala sekolah, meminta ke mereka untuk beberapa hari ini ada piket dulu. Kemudian diberikan pengarahan agar lebih berhati-hati lagi,” kata Asep.

Pristiwa pencurian tiga laptop dan satu infocus di SMK Mutiara Insani Cibinong ini menurutnya sudah dilaporkan ke Polsek Cibinong. Ia berharap, kepolisian bisa meringkus pelakunya.(fik/c)