25 radar bogor

Kemenhub Siapkan 80 Bus Gratis Angkutan Lebaran untuk Warga Kabupaten Bogor

Ilustrasi Angkutan Lebaran

CIBINONG-RADAR BOGOR, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menyediakan puluhan bus gratis angkutan lebaran buat para pemudik dari Kabupaten Bogor, dengan tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Supriyanto mengatakan, ada program pusat untuk membantu warga mudik ke berbagai daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Bus berukuran besar itu bakal diberangkatkan dari Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Yang dari Kabupaten Bogor bukan dari (pemerintah, red) provinsi, tapi pusat. Ada beberapa daerah, salah satunya kita. Rencananya berangkat dari Stadion Pakansari,” ujarnya seperti dikutif dari metropolitan (Radar Bogor Group).

Bus bantuan dari Kemenhub ini mencapai 80 unit yang diperkirakan bisa mengangkut 3.600 orang. “Dari 80 bus, ya kurang lebih 3.600 orang bisa dibawa. Jadi satu bus sekitar 40-45 orang,” paparnya.

Sementara itu, Kasi Multimoda Dishub Kabupaten Bogor, Hedi Haryadi membenarkan adanya program Kemenhub soal fasilitas bus mudik gratis. Kebetulan, salah satu lokasinya di Kabupaten Bogor. Namun hingga saat ini, pihaknya masih menunggu kepastian dari Kemenhub soal skema, tata cara pendaftaran serta syarat-syarat yang diperlukan.

“Yang pasti pendaftarannya secara online, kita masih menunggu informasi lebih lanjut dari Kemenhub. Titik kumpulnya total ada empat lokasi se-Jabodetabek. Yakni Tangerang, Bekasi, Monas Jakarta dan Kabupaten Bogor di Pakansari,” ujarnya.(ryn/c/yok/py)