25 radar bogor

31 Persen Pemilih Demokrat Dukung Jokowi, AHY Bilang Begini

sofyansah/radar bogor DISAMBUT HANGAT: Agus Harimurti Yudhoyono disambut tim futsal dalam kegiatan AHY Cup di Lapangan BOA Futsal Kelurahan Pabuaran Mekar, Kecamatan Cibinong, kemarin (22/3).

JAKARTA-RADAR BOGOR,Arah suara kader dan pendukung parpol menjelang hari pencoblosan terus berubah. Pemilih Partai Demokrat pun beralih ke pasangan calon 01 Jokowi-Ma’ruf Amin. Jumlahnya mencapai 31,5 persen.

Menyikapi hal itu, Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memandang sebagai situasi yang wajar. Menurutnya memang akan sulit untuk membuat seluruh konstituen partai berada pada satu pilihan.

“Saya pikir justru adalah suatu kewajaran. Kita tak pernah bisa mengatakan satu komando tegak lurus yang diharapkan bisa seluruh konstituen Partai Demokrat itu berada dalam satu pilihan yang sama,” ujar AHY di Kemenko Polhukam Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (22/3).

Jumlah suara pemilih Partai Demokrat yang beralih ke Jokowi sebesar 31,5 persen itu berdasar hasil survei Litbang Kompas. Survei itu dilakukan pada 22 Februari-5 Maret 2019.

AHY menyebut Partai Demokrat memiliki konstituen yang beragam. Sehingga sangat memungkinkan terjadinya perbedaan pendapat. Kondisi seperti itu diyakininya juga terjadi di partai lain.

Di mencontohkan kekuatan Partai Demokrat di belahan nusantara. Di Aceh yang Islami pemimpinnya dari Partai Demokrat. Di Papua gubernurnya Lukas Enembe juga berasal dari Partai Demokrat.

“Artinya menunjukkan bahwa memang karakteristik konstituen Partai Demokrat itu sangat beragam. Jadi saya tak pernah menyalahkan dalam arti yang berlebih-lebihan,” imbuhnya. (JPG)