25 radar bogor

Tiga Perusahaan Startup Segera Melantai di BEI

TUMBUH: Seseorang saat menunjukkan aplikasi belanja online. Pada 2018 bisnis e-commerce diprediksi semakin tumbuh.

JAKARTA-RADAR BOGOR,PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terus menggenjot target emiten baru. Tahun ini ditargetkan mencapai 75 calon emiten. Ada tiga perusahaan rintisan (startup) di bawah binaan BEI akan melepas sahamnya di pasar modal.

Dari 69 perusahaan di bawah binaan BEI, baru tiga perusahaan yang siap melakukan pencatatan saham perdana (Initial Public Offering/IPO).

“Total binaan 69 perusahaan ada di tiga kota. Jadi kami butuh kontribusi perusahaan rintisan,” ujarnya seperti diberitakan Kamis(21/3).

Namun sayangnya, Nyoman belum dapat membeberkan siapa tiga start up yang akan berniat melantai di Bursa Efek.

Dengan begitu, pilihan produk pasar modal menjadi beragam. Bukan hanya dihuni oleh perusahaan besar saja, tapi perusahaan baru yang berprospek bagus pun dapat ikut mencari pendanaan di pasar modal.

Melalui aturan baru terkait perubahan Peraturan I-A tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham yang Diterbitkan oleh Perusahaan Tercatat diharapkan dapat mendorong perusahaan melantai di BEI.

Sebagai informasi, beberapa poin dalam aturan itu antara lain, syarat net tangible asset (NTA) minimal Rp5 miliar di papan pengembangan, laba usaha minimal Rp1 miliar, dan nilai kapitalisasi pasar minimal Rp100 miliar.

“Jadi startup digital kami berikan kesempatan juga,” tandasnya. (JPG)