25 radar bogor

Sindikat Curanmor Dibekuk Polsek Bogor Barat, Dua Pelaku Masih Remaja

Sindikit pelaku curanmor saat digiring petugas Polsek Bogor Barat.

BOGOR – RADAR BOGOR, Sindikat pencurian kendaraan bermotor (Ranmor) di Kota Bogor dibekuk Polsekta Bogor Barat. Delapan pelaku diamankan pada waktu dan lokasi berbeda-beda, setelah petugas melakukan pendalaman dari laporan-laporan korban yang masuk.

Kapolsek Bogor Barat Kompol Sundarti mengatakan, dari delapan pelaku, enam di antaranya merupakan spesialis ranmor sepeda motor. Mereka di antaranya DS (27), RA (37), RH (48), AJ (19) dan OS (19), dan R (38). Sementara dua pelaku lain berinisial AK (31) dan R (32) diamankan atas laporan pencurian kendaraan roda empat.

“Para pelaku biasa melancarkan aksinya di Kota Bogor,” ujarnya kepada Radar Bogor saat ekspos di Mako Polsekta Bogor Barat, kemarin (21/3).

Sundarti menerangkan, lokasi pencurian para pelaku di tempat yang berbeda-beda. Pun dengan motifnya. Ada yang menggunakan kunci palsu, kunci letter T, mengambil sepeda motor saat terparkir, masuk ke dalam rumah korban saat pemiliknya lengah dan dengan mencongkel jendela, hingga modus meminjam kendaraan namun tak dikembalikan. Total ada 12 unit sepeda motor yang diamankan sebelum dijual pelaku.

“Dari 12 unit, lima di antaranya sudah diserahkan langsung kepada pemilik, sisanya akan diserahkan ke Polresta Bogor Kota sebagai barang bukti,” katanya.

Sementara untuk unit kendaraan roda empat, sambungnya, telah dijual pelaku kepada pihak lain. Saat ini anggota kepolisian masih melakukan pengejaran.

“Pelaku mengaku baru pertama kali menjual mobil hasil curian, tapi kita sedang dalam pengejaran mobil itu,” ungkapnya.

Sundarti mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati. Baik saat memarkirkan kendaraannya di luar rumah maupun di dalam rumah. Bila perlu menggunakan kunci ganda. Sebab pelaku selalu memiliki cara untuk melancarkan aksinya tanpa pandang di mana dan kapan waktunya.

“Pelaku dikenakan pasal 362 tentang pencurian kendaraan bermotor dengan ancaman di atas lima tahun,” pungkasnya. (gal/c)