25 radar bogor

Pernah Perkuat Belanda, FIFA Larang Ezra Gabung Timnas Indonesia

Ezra Walian saat membela Timnas Indonesia
Ezra Walian (kanan) saat membela Timnas Indonesia

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ezra Walian dipastikan tidak bisa memperkuat Timnas U-23 Indonesia di Kualifikasi Piala AFC U-23 di Vietnam. Penyebabnya, dia disebut sudah pernah memperkuat Belanda U-17 di Piala UEFA U-17 2013 lalu.

Dalam surat FIFA ke PSSI, ditegaskan bahwa setelah mengumpulkan data terkait pindah kewarganegaraan seorang pemain, maka mereka melarang Ezra tampil untuk membela Indonesia.

“Berdasarkan data dari dokumen yang kami terima, Ezra Walian tidak berhak meminta berpindah asosiasi karena dia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi sebagai perwakilan Belanda,” bunyi surat FIFA.

Aturan itu mengacu kepada aturan FIFA terkait perpindahan kewarganegaraan pemain. Di pasal 5 ayat 2 Statuta FIFA, seorang pemain yang pernah membela sebuah negara pada kompetisi resmi, tidak berhak untuk membela asosiasi lain pada pertandingan internasional.

Dalam Statuta FIFA tentang status pemain yang berganti asosiasi, disebutkan bahwa pemain hanya boleh sekali berganti kewarganegaraan sehingga dia diperkenankan membela negara lain dalam pertandingan internasional.

Aturan itu pun ada syarat yang harus dipenuhi, yakni pemain bersangkutan tidak pernah bermain di pertandingan resmi Level A bersama asosiasi sebelumnya, walaupun hanya sebagai pemain pengganti.(jpnn)