25 radar bogor

Pemkab Bogor Tak Boleh Kelola Kebun Raya Cibinong, Hanya LIPI yang Diberi Mandat

Pemkab Bogor bersama LIPI terus mempersiapkan berbagai infrastruktur pendukung sebelum dibukanya Kebun Raya Cibinong untuk umum.

BOGOR – RADAR BOGOR, Keinginan Bupati Bogor Ade Yasin agar pengelolaan ‘Kebun Raya Cibinong’ bisa dipegang BUMD Kabupaten Bogor nampaknya sulit direalisasikan.

Sebab secara aturan, hanya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang diberi mandat pemerintah untuk mengelola kebun raya.

“Sejauh yang saya tahu untuk kebun raya di seluruh Indonesia di bawah LIPI sampai sekarang. Otomatis pengelolaannya di LIPI,” ujar Plt Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, R Hendrian kepada Radar Bogor, kemarin (21/3).

Namun LIPI, kata dia, tidak otomatis menutup pintu kerjasama. Dimana kerjasama bisa dilakukan dalam bentuk penarikan retribusi pada pengunjung Kebun Raya Cibinong ketika resmi dibuka untuk umum.

Bentuk kerjasama seperti itu menurutnya sudah diterapkan LIPI dengan Pemda Cianjur dalam mengelola Kebun Raya Cibodas.

“Kita melaksanakan tiketing satu atap. Itu memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Kalau di beberapa titik meski jumlahnya sama tapi mungkin akan menimbulkan ketidaknyamanan,” kata Herdian.

Sebagai informasi Kebun Raya dengan nama lengkap Cibinong Science Center Botanical Garden (CSC-BG) itu dirintisan LIPI sejak tahun 2002. Kawasan ini memiliki luas 189 hektare. Dimana, baru 32 hektare lahan yang dimanfaatkan sebagai kebun raya.

Hendrian menambahkan saat ini pemanfaatan Kebun Raya Cibinong mash belum maksimal lantaran pengelolaanya masih menginduk di Kebun Raya Bogor. Karena itu pihaknya sedang mengebut pembentukan satuan kerja (satker) baru untuk Kebun Raya Cibinong.

“Kami masih menyiapkan naskah akademik yang menjadi dasar bagi LIPI untuk membentuk satuan kerja baru berupa Kebun Raya Cibinong,” ucapnya.

Naskah akademik ini berisi alasan ilmiah kenapa harus dibentuk satuan kerja baru. Misalnya terkait beban kerja, manajerial hingga administrasi. “Begitu juga dengan persoalan teknis pengolaan kebun raya yang bakal semakin besar,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Bogor mengapresiasi LIPI atas dibangunnya Kebun Raya di kawasan CSC-BG. Hal itu dengan adanya penandatanganan kerjasama Pemkab Bogor dengan LIPI, Kamis (21/2) lalu.

Pada kesempatan itu, Bupati Bogor Ade Yasin memiliki harapan besar agar pengelolaan Kebun Raya Cibinong bisa dilakukan oleh BUMD Kabupaten Bogor.

“Kita minta ke Kepala LIPI bahwa kita punya BUMD, mungkin bisa kerjasama untuk operatornya. Kalau LIPI lebih ke penelitiannya,” ujarnya. (fik/c)