25 radar bogor

Pelantikan Walikota Bogor Ditunda Setelah Pemilu, Begini Penjelasan Ridwan Kamil

Ridwan Kamil Cafe 'West'
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Ridwan Kamil Cafe 'West'
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

BOGOR–RADAR BOGOR, Jika mengacu pada surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri), maka ada tiga kepala daerah di Jawa Barat yang pelantikannya akan ditunda. Salah satunya pelantikan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto.

Sesuai jadwal, Bima Arya bersama wakilnya akan dilantik pada 7 April 2019 mendatang. Namun, Mendagri melalui surat edarannya meminta agar pelantikan kepala daerah ditunda setelah Pemilu pada 17 April 2019.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjelaskan, bahwa keputusan tersebut merupakan keputusan Mendagri secara keseluruhan. “Itu surat Kemendagri ke seluruh republik Indonesia, akibatnya pelantikan kepala daerah Kabupaten Cirebon, Kota Bogor, dan Kabupaten Ciamis, ditunda usai Pemilu,” ujarnya kepada awak media usai apel kesiapan pengamanan Pemilu, Jumat (22/3/2019).

Tugas gubernur, lanjutnya, untuk menjalanakan perintah dari pemerintah pusat. “Intinya daerah yang ditunda pelantikan kepala daerahnya, maka sesuai dengan tugasnya saya akan membuka komunikasi dengan daerah tersebut,” jelas pria yang akrab disapa Emil.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya berharap pelantikan tetap dilaksanakan tanggal 7 April. Pemerintah pusat menunda pelantikan kepala daerah, karena menjelang persiapan pemilihan umu (Pemilu) 2019.(ps/pin)