25 radar bogor

Wakil Bupati Bogor Didapuk Jadi Bapak Kopi

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan (tengah) menunjukan kopi racikannya setelah dinobatkan sebagai Bapak Kopi Kabupaten Bogor, Kamis (21/3/2019).

CISARUA-RADAR BOGOR, Wakil Bupati (Wabup) Bogor, Iwan Setiawan didapuk sebagai Bapak Kopi Kabupaten Bogor. Iwan diangkat oleh sekitar 50 barista Championship Brewers 2019, Adu Nyiuh Kopi di Hotel Green Peak, Desa Kopo, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Kamis (21/3/2019).

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indoneaia (PHRI) Kabupaten Bogor, Budi Sulistyo mengatakan, Iwan memiliki kepedulian terhadap perkebunan kopi baik dari sisi ekonomis maupun objek wisata, sehingga dianggap layak menjadi Bapak Kopi.

“Pak Iwan punya visi yang jelas dalam mengembangkan tanaman kopi. Dia juga penikmat kopi, jadi pantas menyandang Bapak Kopi,” ujarnya kepada wartawan.

Sementara itu, dari Adu Nyiuh (Nyeduh) Kopi akan terus dikembangkan hingga tingkat nasional agar Bumi Tegar Beriman semakin dikenal memiliki kopi yang khas dan nikmat.

“Saat ini Kabupaten Bogor terkenal ada ratusan objek wisata alamnya. Nah, dengan potensi tanaman kopi ini, maka wisatawan juga tertarik datang ke kebun kopi dan meminum kopi asli Bogor,” terangnya.

Sementara itu, Iwan mengatakan, besarnya potensi kopi baik jenis robusta maupun arabika yang dimiliki Bumi Tegar Beriman, membuat Pemkab Bogor fokus pada pengembangan kopi baik itu sebagai pendorong peningkatan pendapatan ekonomi rakyat, maupun objek wisata.

“Kebun kopi kita luasnya mencapai 5.800 hektare dimana 250 hektarenya adalah kebun kopi arabika, kedepan Pemerintah Kabupaten Bogor tidak hanya mengadakan Adu Ninyuh Kopi tingkat Bogor Raya, tapi juga akan mengadakan festival kopi yang tingkatnya nasional bahkan internasional,” ungkapnya.(ps/pin)