25 radar bogor

Kabupaten Bogor Dapat Jatah Seribu Unit PJU Tenaga Surya, Bisa Hemat Tagihan Listrik

Menteri ESDM, Ignasius Jonan memberikan bantuan PJU Tenaga Surya yang dipusatkan di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Kampung Bubulak RT 01/10, Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, kemarin. Nelvi/Radar Bogor

CIBUNGBULANG-RADAR BOGOR, Kabupaten Bogor dijatah 1.000 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun ini. Jumlah itu hampir separuh dari alokasi PJU untuk Jawa Barat.

“Tadinya 600 tapi tambah jadi 1.000 untuk Kabupaten Bogor,” ujar Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral, Ignasius Jonan dalam peresmian di Pondok pesantren Mifhatul Huda, Kampung Bubulak RT 01/10, Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Rabu (20/3/2019).

Jonan juga berharap, sebaran PJU-TS di Bumi Tegar Beriman lebih merata. Pemberian tambahan dari 600 menjadi 400 unit pun, karena jumlah penduduknya sangat besar.

“PJU Tenaga Surya yang paling penting melayani masyarakat dalam bidang penerangan tanpa menimbulkan tambahan polusi,” kata Jonan

Selain minim polusi, PJU-TS bisa menghilangkan tagihan listrik kepada pemerintah. “Kecuali industri ya. Kalau untuk pelayanan tidak ada tagihannya,” tegas Jonan.

Sementara itu, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan dari 1000 PJU jangan menumpuk dan dijadikan kepentingan seseorang, itu sangat tidak adil. Makanya, saya tekankan kepada Dinas perhubungan segera mencari desa yang benar butuh penerangan jalan umum (PJU).

“Semua memang kebutuhan masyarakat umum bisa diberikan secara merata,

dan kami akan intervetarisir dulu di wilayah desa, baru kita pasang. Karena, masih banyak desa perlu PJU dan masuk skala prioritas,” pungkasnya. (nal/c)