25 radar bogor

Fenomena Langka, Bayi “Mengandung” Kembarannya Sendiri

Ilustrasi Bayi

JAKARTA-RADAR BOGOR, Fenomena langka bayi ‘mengandung’ kembarannya sendiri terjadi di Kolombia. Dimana, seorang ibu dilaporkan melahirkan bayi dengan kondisi langka ‘fetus in fetu’.

Lebih langkanya lagi, kondisi hamil kembarannya sendiri ini diketahui sejak masih dalam kandungan. Dokter menemukannya saat sang ibu bernama Monica Vega itu tengah mengandung 35 pekan.

Awalnya, dokter kandungan menyangkanya kista hati. Namun, dengan menggunakan USG 3D/4D, dr Miguel Parra-Saavedra menemukan adanya ruang berisi cairan lengkap dengan tali pusarnya. “Saya beri tahu ibunya dan dia berkata, ‘Apa? Tidak, Dokter, ini tidak mungkin’,” kata dr Miguel seperti dikutip dari NY Times.

Tapi, kata sang dokter, dia jelaskan bertahap dan sang ibu bisa mengerti. Bayi yang diberi nama Itzamara itu akhirnya dilahirkan pada pekan ke-37.

Dokter melakukan operasi caesar karena khawatir kembarannya akan tumbuh dan merusak organ dalam bayi Itzamara. Hari berikutnya, dokter mengeluarkan kembarannya lewat bedah laparoskopi. Janin kembarannya berukuran sekitar 5 cm, memiliki kepala dan kaki tetapi tidak memiliki jantung dan otak.(up/fds)