25 radar bogor

Dishub Kota Bogor Sediakan 10 Bus untuk Mudik Gratis, Ini Kuota dan Persyaratannya!

Ilustrasi Mudik Gratis

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Perhubungan Kota Bogor, menyediakan fasilitas mudik lebaran gratis khusus warga yang ingin pulang kampung tahun ini, hanya saja dengan kuota yang masih terbatas.

Menurut data yang dihimpun dari Dishub, Kota Bogor mendapat alokasi sebanyak 10 bus. Satu busnya, tambah dia, berjumlah 44 penumpang. Untuk total calon kuota pemudik gratis Kota Bogor sebanyak 440 orang dengan pendaftaran terbatas atau sampai kuota tersebut terpenuhi.

Kepala Dishub Kota Bogor, Rakhmawati mengatakan, program mudik gratis ini untuk memudahkan masyarakat yang ingin pulang kampung di hari raya.

Selain itu, mudik gratis ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan. Tambah dia, program mudik gratis ini merupakan bantuan langsung dari provinsi. Kota Bogor pun mendapatkan alokasi sebanyak 10 bus.

“Program ini untuk membantu memudahkan masyarakat yang akan pulang kampung. Dengan adanya program mudik gratis ini, masyarakat dapat terbantu,” katanya.

Di Kota Bogor ada dua program mudik gratis, sambung dia, ada program provinsi Jabar dan program mudik gratis Kemenhub.

“Tempat pendaftaran yang berada di Loket Angkutan Dalam Trayek Dishub Kota Bogor. Untuk keberangkatan, direncanakan di Gor Pajajaran pada 1 Juni 2019 mendatang,” jelasnya.

Sambung dia, arah tujuan mudik gratis ini Bogor – Solo dan Bogor – Yogyakarta melalui jalur Pantura. Pendaftaran sudah dibuka sejak kemarin, dan berakhir di tanggal 20 April 2019 mendatang.

Dia kembali merunut, waktu pendaftaran dimulai pada pukul 09.00 – 14.00 WIB selama Senin sampai Jumat atau hari kerja dan pukul 09.00 – 11.00 WIB di hari Sabtu. Sedangkan hari Minggu libur

Untuk persyaratannya, lanjut dia, warga harus membawa kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK). Menurutnya, satu orang untuk satu KTP. Serta untuk anak kecil dapat menunjukan akta kelahiran.

Untuk program mudik gratis kemenhub, kata dia, program ini pendaftarannya melalui online, pada web #mudikgratis.kemenhub2019#.

Rencananya Kemenhub akan membuka stan pendaftaran pada Dishub Kota Bogor, sebagai sarana informasi dan pengambilan tiket sementara dan tiket resmi mudik gratis. Sambung dia, pendaftaran pada 20 Maret – 20 Mei 2019 untuk kuota di atur secara nasional.

“Direncanakan untuk Bogor Raya ( Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok) alokasi 80 unit bus. Dengan rencana pemberangkatan di Gor Pakansari Kabupaten Bogor dengan tujuan Kota-kota di Jawa barat, Jawa tengah, Jawa timur, dan Sumatra,” pungkasnya.(rp3/c)