25 radar bogor

Pengumuman SNMPTN 2019 Dipercepat, 380 Ribuan Siswa Gagal

KESULITAN: Sejumlah siswa di salah satu sekolah tengah mengakses situs snmptn

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pengumuman hasil tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2019 akan dipercepat menjadi tanggal 22 Maret. Sebab, proses seleksi dan pemeringkatan nilai rampung lebih cepat.

”Pengumuman dimajukan Jumat (22/3) pukul 16.00 dari semula Sabtu (23/3),” ucap Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo Widyobroto.

Hal tersebut tentu memberikan peluang bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN untuk segera mendaftar ujian tertulis berbasis komputer seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (UTBK SBMPTN).

Masih ada sisa dua hari setelah pengumuman untuk mendaftar UTBK SBMPTN gelombang I. Atau bisa mendaftar pada gelombang II yang dimulai 25 Maret hingga 1 April pukul 22.00.

Setidaknya akan ada 380 ribuan siswa yang akan gagal SNMPTN. Sebab, jumlah pendaftar mencapai 478.070 siswa. Padahal, kuotanya hanya 97.000. Jumlah tersebut tersebar di 85 perguruan tinggi negeri se-Indonesia.

”Karena mekanisme pendaftaran dan pembayaran UTBK SBMPTN hanya 1 x 24 jam, berkas-berkas harap dipersiapkan kembali,” imbau dosen Universitas Gadjah Mada itu. Namun, lanjut Budi, jika ada siswa yang mendaftar UTBK SBMPTN sebelum pengumuman SNMPTN, itu malah lebih baik.(han/c10/oni)