25 radar bogor

DD Pendidikan Wujudkan Mimpi Usamah Menjadi Hafiz dan Mandiri

BOGOR-RADAR BOGOR,Tak dapat dipungkiri, pendidikan berkualitas masih menjadi komoditas mahal di negeri ini, terutama bagi mereka yang marginal. Hal ini juga yang terjadi pada Usamah dan keluarganya.

“Bapak saya hanya tukang ojek, sedangkan ibu saya ibu rumah tangga,” kisah Usamah. Ia pun melanjutkan bahwa dirinya tidak ingin membebani orang tua untuk membayar sekolah. “Karena itu saya mendaftar di eTahfizh,” pungkas Usamah.

Pemilik nama lengkap Usamah Imam Khomeini Alkadhafi ini telah berhasil masuk menjadi salah satu penerima beasiswa Ekselensia Tahfizh School (eTahfizh). Pemuda 15 tahun ini memutuskan untuk merantau ke Bogor, tempat di mana kampus eTahfizh berada. Usamah rela pergi jauh dari orang tua, jauh dari Kota Yogyakarta yang menawarkan beragam kenikmatan dunia, demi mewujudkan mimpinya menjadi seorang penghafal Quran.

Usamah pun memberikan performa terbaiknya di sekolah tahfiz modern ini. Saat ditanya kapan menyelesaikan hafalan Qurannya, dengan mantap Usamah menjawab, “InsyaAllah saya akan menjadi hafiz pada Mei 2019”. Pernyataannya ini ia buktikan dengan rutin menyetor hafalan Quran 2-5 juz setiap bulannya. Bukan hanya itu, Usamah juga rutin melaksanakan ibadah wajib dan sunah sebagai salah satu upaya untuk menggapai impiannya.

Ekselensia Tahfizh School adalah salah satu program investasi SDM yang dilaksanakan oleh Dompet Dhuafa (DD Pendidikan). Sekolah setingkat SMA yang menggabungkan kurikulum pesantren dan pendidikan modern ini didirikan pada 2017 lalu. Usamah dan 6 temannya merupakan santri angkatan pertama eTahfizh.

Selain pembinaan dalam menghafal Quran, para santri eTahfizh juga mendapat pembinaan pada empat domain yang lain. Keempat domain tersebut yaitu ilmu keislaman, kemandirian, kepemimpinan, juga pendampingan untuk lulus UN dan ujian masuk perguruan tinggi negeri baik dalam maupun luar negeri. Pembinaan tersebut dilakukan untuk mencapai visi: melahirkan SDM penghafal Quran yang unggul dan memiliki jiwa pembelajar.

Untuk menjalankan eTahfizh ini, DD Pendidikan mendayagunakan dana donasi masyarakat. Kesempatan berdonasi untuk program ini masih terbuka, donasi dapat dikirimkan melalui rekening BNI Syariah nomor 2881 2881 26 atas nama Yayasan Dompet Dhuafa Republika. Kode ’18’ harus disertakan di akhir nominal transaksi (contoh: 500.018), agar donasi yang masuk dapat mudah dikenali.

Demikianlah, pendidikan berkualitas untuk anak bangsa memang selayaknya menjadi tanggung jawab bersama. Usamah beruntung, mimpinya sebentar lagi terwujud. Kelak, ia akan mengubah kondisi ekonomi keluarganya karena kesempatan yang didapatnya di eTahfizh ini. Namun, masih banyak Usamah lain di luar sana yang menantikan kesempatan serupa. Akankah mimpi mereka terwujud juga?