25 radar bogor

Biar Tak Salah Kaprah, Kubu 02 Jelaskan Maksud Libur Sepanjang Ramadan

Cawapres Sandiaga Uno. (jawapos)

JAKARTA-RADAR BOGOR,Wacana pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno untuk meliburkan sekolah pada bulan Ramadan mengundang reaksi. Pasalnya, kebijakan itu ditengarai bakal membuat para siswa malas pada bulan Ramadan.

Koordinator Jubir Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak memastikan kebijakan libur pada bulan yang dicanangkan paslon nomor urut 02 itu, tidak akan membuat siswa tidak libur sepenuhnya. Sebab, nantinya ada kegiatan yang lebih dikonsentrasikan pada pendidikan agama.

“Kita mendorong konsentrasi pendidikan itu di luar sekolah selama bulan Ramadan. Di luar sekolah ini fokus pada pendidikan agama Islam untuk yang beragama Islam. Agama kristen untuk yang beragama kristen. katolik untuk yang katolik. Hindu, Budha dan sebagainya,” kata Dahnil di Kantor Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta, Senin (18/3).

Dahnil menuturkan, kebijakan ini pernah diadopsi pada pemerintahan presiden ke-4 Indonesia, Abdurahman Wahid alias Gus Dur. Dia mengaku, kebijakan libur sepanjang Ramadan, terinspirasi dari Gus Dur.

Kebijakan ini diyakini dapat membuat bulan ramadhan sebagai wujud toleransi. Sebab menurut Dahnil, pada bulan ini seluruh agama akan fokus pada pengajaran agama masing-masing. Hal itu demi meningkatkan generasi bangsa yang lebih religius.

“Mereka masing masing di masjid, di pesantren, kemudian di gereja dan semuanya fokus pada pengajaran agama. Mereka diajarkan makna toleransi. Jadi, Ramadan itu simbol bulan toleransi. Bukan berdebat warung (makan) buka atau tidak,” pungkasnya. (JPG)