25 radar bogor

Jalan Lingkar Pakansari Cibinong Resmi Jadi Kawasan Car Free Day

uji coba kebijakan Car Free Day (CFD) di seputaran Stadion Pakansari, Cibinong, akhir pekan lalu.

IBINONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor resmi memberlakukan uji coba kebijakan Car Free Day (CFD) di seputaran Stadion Pakansari, Cibinong, akhir pekan lalu. Aturan ini bakal berlaku beberapa minggu ke depan sembari dievaluasi.

CFD sendiri dilaksanakan di seputaran Stadion Pakansari sejak pukul 06:00 sampai 10:00 WIB. Meski begitu kebijakan ini bukan tanpa cela lantaran persoalan Pedagang Kaki lima (PKL) hingga pergeseran tuWIB.

Meski begitu, kebijakan tujuan yang tadinya olahraga menjadi arena ’jajan’ dan kampanye. Hal itu juga yang membuat tetangga sebelah, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, sempat meniadakan CFD di Jalan Sudirman beberapa bulan terakhir, sebelum diterapkan kembali Maret 2019 ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Supriyanto mengatakan, ada banyak kendala dalam penerapan CFD di lingkar Stadion Pakansari itu pada Minggu (17/3).

Di anta­ranya sejumlah elemen masy­arakat yang menggunakan CFD sembari kampanye, PKL dan kegiatan dalam Stadion Pakan­sari, sehingga memaksa ken­daraan harus melintas.

Tak hanya itu, pihaknya sen­diri belum tahu berapa lama uji coba CFD di lingkar Sta­dion Pakansari bakal berjalan. Pekan ini evaluasi dengan pimpinan daerah dan lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) akan ditindaklanjuti.

”Belum tahu (berapa minggu uji coba, red). Nanti setelah evaluasi, menunggu petunjuk pimpinan dulu. Tapi kemun­gkinan (minggu depan) kita uji coba lagi,” katanya.

Pria yang juga menjabat sekda itu menga­kui kendala yang ada bakal jadi bahan evaluasi ke depan, agar tujuan CFD sarana olah­raga tidak bergeser.

”Kendalanya tadi ada acara kampanye, ada sepak bola ting­kat SMP juga lomba panjat tebing. Kita berikan mereka masuk dulu dan dikawal langsung ma­suk kawasan parkir stadion,” terangnya.

Sedangkan PKL ada dua titik yang disiapkan, yakni di lahan sebelah GOR Laga Sa­tria dan dekat Perumahan Er­fina. ”Kalau di lingkar stadion tidak ada. Disiapkan lokasi dua titik, di sebelah GOR Laga Satria dengan Perumahan Erfina,” te­rangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penertiban Umum (Tibum) Satpol PP Kabupaten Bogor, Ruslan, menuturkan, uji coba CFD di lingkar Pakansari resmi dilakukan akhir pekan lalu. Sejauh ini situasi dianggap masih bisa dikendalikan.

Melihat kondusivitas yang ada, Ruslan menyebut uji coba mi­nimal akan berlangsung tiga pekan. ”Kekurangannya itu ya minggu depan kita terus per­baiki. Melihat kondusivitas, tiga kali lah,” ungkapnya.

Saat ditanya soal CFD yang sempat diisi kampanye politik, Ruslan menyebut hal itu men­jadi salah satu bahan evaluasi. Dia beralasan, izin berkampa­nye sudah keluar lebih dulu dibandingkan kepastian penerapan uji coba CFD, sehing­ga ada penyesuaian.

”Soal tadi (kemarin, red) yang kampanye, kebetulan izinnya lebih dulu kampanye. Ya sebetulnya tidak ada aturan boleh kampanye atau tidak diuji coba CFD. Sebab izin­nya kan bukan di Satpol PP,” tutupnya.(ryn/c/yok/py)