25 radar bogor

Bobol ATM, Pelaku Menyamar Jadi Perempuan Menggunakan Hijab

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono saat memberikan keterangan kepada awak media.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Tersangka kasus skimming, Ramyadjie Priambodo (PR) cukup profesional dalam menjalankan aksinya. Dimana, pelaku
menyamar menjadi seorang perempuan untuk membobol rekening dengan menggunakan hijab dan masker.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono menjelaskan penangkapan tindak kejahatan Skimming ATM atau pembobolan Anjungan Tunai Mandiri berinisial RP pada 26 Februari 2019 lalu.

“Jadi gini Polda Metro Jaya terima laporan yang masalah skimming itu banyak. PMJ terima laporan itu hal yang biasa bukan istimewa ya, itu biasa menerima laporan,” kata Argo kepada awak media di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2019).

Argo menyebutkan, petugas menemukan barang bukti masker dan hijab yang digunakan untuk melakukan aksinya itu. Aksinya itu terekam kamera CCTV di mesin ATM.

“Ada kerudung seperti hijab, itu ada saat dia gunakan saat mengambil ATM di daerah Tangsel dan Jaksel. Dia gunakan itu seperti hijab ada tutupnya itu seperti perempuan, sehingga kalau dilihat dari CCTV itu seperti perempuan,” terangnya.

Kemudian ada barang bukti HP. Pelaku disebut-sebut telah melakukan kejahatan itu sejak 2018. Dia sudah beraksi selama puluhan kali di daerah Jaobodetabek.

Pria berumur 37 tahun itu di tangkap di salah satu Apartemen di Jalan Jend Sudirman, Jakarta Selatan. Pada saat dilakukan penggeledahan di kamar apartemen tersebut ditemukan beberapa barang bukti berupa mesin ATM, 2 kartu ATM dari salah satu Bank Nasional, laptop, HP, krudung, dan ada 2 kartu putih itu yang ada isi datanya nasabah.(pin)