25 radar bogor

DLH Sidak Pembangunan SCRC

BABAKANMADANG-RADAR BOGOR, Re pembangunan Sentul City Recycle Center (SCRC), membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor penasaran progresnya. Tempat pengolahan sampah terpadu di Desa Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang ini langsung diinspeksi mendadak (Sidak) oleh Kepala DLH Kabupaten Bogor, Panji Ksatriadi, Jumat (15/3).

Panji menganggap ada kemajuan signifikan dari pembangunan SCRC. Sehingga, ia menurutnya bisa rampung tepat waktu dan diresmikan oleh Bupati pada 27 Maret mendatang. “Saya mau liat kesiapan Sentul City melakukan pengolahan sampah terpadu dengan menggunakan teknologi tepat guna,” ungkapnya kepada wartawan.

Ia berharap, perumahan lain di Bumi Tegar Beriman bisa meniru PT Sentul City mendirikan tempat pengolahan sampah terpadu. Sehingga, permasalahan sampah di Kabupaten Bogor sedikit demi sedikit bisa teratasi.

Sementara itu, CEO PT Xaviera Global Synergy, Wilda Yanti mengatakan bahwa pembangunan SCRC ini berkerjasama dengan perusahaanya. Ia memastikan perusahaan pengeolah sampat tepat guna ini tak ada lagi sampah dari Kawasan Sentul City dikirim ke Tempat Pengolahan Akhir Sampah (TPAS).

Jika, jadi diresmikan oleh Bupati Ade Yasin pada 27 Maret 2019, ia memprediksi bahwa SCRC bakal beroprasi pada April 2019. “Kita sistemnya zero waste. Sampah berakhir dan selesai di tempat pengolahan kita,” kata Wilda.

Ia menjelaskan, Tempat Pengolahan Sampah Tepat Guna ini dibangun di atas lahan seluas lima hektar. Untuk tahap pertama, lahan yang akan dimanfaatkan seluas 1,4 hektar di mana di dalamya dibangun bangunan inti untuk mesin pengolaan sampah, gudang, parker, green house dan kantor. Sisanya akan direncanakan akan dibangun pusat pengembangan pertanian terpadu.

“Kami memiliki dua teknologi tepat guna yakni NatureXa Biotechno  yakni mesih pengolahan sampah menggunakan teknologi tepat guna dan NatureXa Bioaktivator untuk mengolah sampah menggunakan mikro biologi,” paparnya.

Untuk jenis-jenis mesin yang dioperasikan, kata Wilda banyak macamnya antara lain mesin pengomposan, mesin pakan ternak, mesin pengolah plastik dan mesin-mesin lain yang sesuai dengan jenis sampahnya.(fik)