25 radar bogor

Distan Bina Kebun Organik Herbal Bejo se-Kota Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Selain gencar mengembangkan Kebun Organik Terpadu Bersih Indah Sehat dan Asri (BISA), penyuluh Dinas Pertanian (Distan) Kota Bogor saat ini fokus melakukan pembinaan Kebun Organik Herbal Bejo di 68 Kelurahan se-Kota Bogor.

Kegiatan ini menurut Kepala Bidang (Kabid) Penyuluhan Distan Kota Bogor, Dian Herdiawan berkaitan dengan lomba Taman Herbal antar Kelurahan se-Kota Bogor.

“Tahun 2019 akan kembali digelar lomba pemeliharaan Taman Herbal dan lomba pembangunan taman herbal di RW yang berbeda  di setiap Kelurahan,” kata Dian di ruang kerjanya, Jumat (15/03/2019).

Dian menyebutkan, kegiatan lomba ini pada intinya bagaimana menggairahkan pertanian urban farming. Artinya dengan lahan yang terbatas di perkotaan tetapi bisa memaksimalkan potensi dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan keluarga.

Ia menuturkan taman herbal ini banyak manfaatnya. Salah satunya adalah masyarakat lebih mudah untuk mengkonsumsi tanaman yang aman untuk lingkungan dan sehat untuk dikonsumsi.

“Kenapa, karena mereka tanam sendiri. Mereka tahu bagaimana pembibitannya, bagaimana memeliharanya dan cara memanennya,” katanya.

Pihaknya mengembangkan tanaman herbal yang sifatnya masyarakat bisat mengoptimalkan sumber daya yang ada.

“Masyarakat diajarkan bagaimana memanfaatkan sampah organik menjadi pupuk dan budidaya di lahan sempit sehingga bisa meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga,” kata Dian. (Tria-SZ)