25 radar bogor

Tiba di Gedung KPK, Ketum PPP Gunakan Masker dan Jaket Hitam

Ketua Umum PPP Romahurmuziy saat digiring petugas KPK, Jumat (15/3/2019) malam.
Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Romy ditangkap KPK lantara dugaan jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). (Issak Ramadhani/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR,Ketua Umum PPP Romahurmuziy sudah tiba di gedung Komisi Pemberantasan Pemberantasan (KPK), Jumat (15/3/2019) malam.

Beberapa pihak lainnya, yang diamankan dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang digelar di Jawa Timur, juga sudah datang ke markas lembaga antirasuah.

Mereka yang berjumlah lima orang tiba selang tiga menit dari kedatangan ketum PPP ini. Adapun, mereka memilih melakukan hal yang sama yakni bungkam.

Diduga mereka yang diamankan penyidik KPKitu merupakan Staf Anggota DPR, pejabat Kemenag daerah, pihak swasta dan dua orang supir yang belum diketahui secara pasti namanya.

Pantauan JawaPos.com, orang yang diduga pejabat kemenag daerah itu datang dengan menggenakan masker muka dan kemeja batik. Dia tampak santai ketika hendak masuk dalam gedung lembaga antikorupsi ini.

Sementara, empat pihak lain tampak malu menutupi wajah menggunakan tangannya dan serempak menggenakan masker bewaran abu-abu. Namun, tetap tak ada kata yang terlontar dari mulut mereka. Awak media pun tampak geram karena masker mereka semua tak dilepas.

Sebelumnya,Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menyebut pihaknya mendapat informasi dari masyarakat terkait adanya transaksi pengisian jabatan ini. Atas dasar itulah, tim KPK mengkroscek sesuai kewenangannya sebagai lembaga antikorupsi.

“Sesuai pelaksanaan tugas dan kewenangan KPK, tentu kami harus menindaklanjuti hal tersebut,” ujar Basaria saat dikonfirmasi, Senin (15/3).

Kemudian, juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan dugaan transaksi yang dilakukan bukan hanya pertama kali melainkan sudah beberapa kali. Namun, dia tak merinci berapa nominal uang yang diamankan terkait transaksi ini

Atas dasar itu juga, tim akan melakukan pemeriksaan kembali di gedung KPK guna menentukan status hukum terhadap Romy.

“Rencana konferensi pers malam ini atau besok pagi,” pungkas Febri.