25 radar bogor

Salat Jumat, Mesjid di Selandia Baru Ditembaki Pria Bersenjata. Polisi :  Banyak Korban Tewas

Salah satu mesjid di Selandia Baru yang menjad sasaran penembakan.

RADAR BOGOR, Aksi penembakan terjadi di Selandia Baru. Sejumlah pria bersenjata memasuki dua masjid dan mulai menembaki orang-orang di dalamnya di Kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3/2019). Polisi mengatakan, terdapat banyak korban yang tewas.

Komisaris Polisi Mike Bush mengatakan, empat tersangka ditahan tiga pria dan seorang wanita. Namun polisi menambahkan, jangan anggap situasi langsung aman.

Sam Clarke, seorang reporter dengan TVNZ, berbicara dengan beberapa orang di dalam Masjid Al Noor ketika penembakan dimulai. Dia memberitahu Al Jazeera bahwa seorang pria masuk dengan senjata otomatis dan mulai menembak.

“Seorang pria bersenjata, berpakaian hitam dengan helm yang membawa senapan mesin datang ke bagian belakang masjid dan mulai menembaki orang-orang yang sedang salat di sana,” kata Clarke.

Polisi mengonfirmasi penembakan kedua terjadi di Masjid Linwood selama salat Jumat di Kota South Island, tetapi belum ada keterangan lebih lanjut.

“Kami sedang menghadapi situasi yang berkembang di berbagai tempat,” kata Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern pada konferensi pers. “Ini, dan akan, salah satu hari tergelap di Selandia Baru.”

Pihak berwenang belum menjelaskan skala penembakan, tetapi mendesak orang-orang di pusat Christchurch untuk tetap tinggal di dalam rumah. Polisi memperingatkan para jamaah untuk tidak mengunjungi masjid di mana pun di Selandia Baru. (jpg)