25 radar bogor

Palang Perlintasan Kereta Gunakan Bambu, Keselamatan Warga Parungpanjang Terancam

Palang perlintasan kerata api di Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor, masih menggunakan bambu.

PARUNGPANJANG-RADAR BOGOR, Masih banyak perlintasan kerata api di Kabupaten Bogor yang menggunakan peralatan seadanya. Kondisi ini jelas sangat berbahaya bagi warga yang ingin melintas.

Salah satunya di Kecamatan Parungpanjang yang membuat warga harus ekstra hati-hati ketika ingin melintasi jalur kereta api. Sebab, portalnya hanya terbuat dari bambu.

Warga yang biasa melintas khawatir kejadian anjloknya gerbong Kereta Rel Listrik (KRL) jurusan JatinegaraBogor di Kota Bogor terjadi di Parungpanjang.

Warga Desa Parungpanjang, Dwiyan (21) mengaku, portal perlintasan kereta api yang terbuat dari bambu kurang aman. Portal sudah beberapa kali diajukan, namun hingga saat ini belum ada infonya lagi. ”Saya berharap agar perlintasan terbuat dari bambu bisa segera dibangun, sebab sangat mengkhawatirkan,” beber Dwiyan.

Warga lainnya Pandi Ardiansyah (18) smengaku, portal terbuat dari bambu ini sudah lama ada di jalur perlintasan kereta api Parungpanjang. Menurutnya, saat melintas khawatir terjadi kecelakaan. ”Saya tiap hari lewat sini, portal dari bambu itupun hanya diikat dari tambang,” kata Pandi.

Dirinya berharap, agar jalur perlintasan kereta api segera ada perhatian serius. Sebab, bambu yang sangat kecil, justru akan berdampak buruk bagi masyarakat.

”Portal bambu itu hanya satu. Seharusnya kan dua, itu juga bambunya sangat kecil,” sambungnya. Sementara itu, Sekretaris Camat Parungpanjang Icang Aliyudin belum memberi tanggapan atas keluhan warganya.(mul/b/els)