25 radar bogor

Warga Bitungsari Ciawi Krisi Air Bersih, Terpaksa Mandi Pakai Air Galon

Ilustrasi Air PDAM

CIAWI-RADAR BOGOR, Krisis air bersih dialami warga di RT di Kampung Bitungtengah, Desa Bitungsari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Hal ini terjadi lantaran air dari PDAM Tirta Kahuripan sudah dua hari tidak menyalurkan air ke rumah-rumah warga di kampung ini seperti biasanya.

Salah satu warga Bitungtengah, Iwan (39), mengaku bahwa ia terpaksa membeli air isi ulang galon untuk mandi dan keperluan memasak.

“Ini udah dua hari. Setiap hari saya beli lima galon air isi ulang buat mandi dan lain-lain sekeluarga, itu juga dicukup-cukupin, anak saya ada tiga soalnya,” kata Iwan.

Ia menjelaskan bahwa sebagian warga lain ada pula yang pergi ke desa lain untuk mandi. Selain itu, satu-satunya sumur mushola di kampung tersebut, diakui Iwan tak cukup memenuhi kebutuhan air semua warga yang mengalami kesulitan air bersih tersebut.

“Ada sumur mushola tapi pagi-pagi airnya langsung abis, karena dari subuh warga pada ke sana, sampai ngantre, banyak yang gak kebagian air. Saya harap air PDAM cepet normal lagi, saya udah pusing,” ungkap Iwan.

Sementara itu,Humas PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor Agus Priyatno membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, pasokan air terhenti lantaran ada perbaikan kebocoran pipa 250 inch di wilayah Cikira.

“Sudah selesai pagi tadi sekarang tinggal normalisasi pengaliran atau pengisian jaringan,” tukasnya.(ded/mtr)