25 radar bogor

Tiga Kecamatan di Kabupaten Bogor Disiapkan Jadi Lumbung Padi Nasional

TELAT DIANTISIPASI: Kondisi tanaman padi di Kampung Leungsir, Desa Sukanegara, yang gagal panen karena terserang hama.FOTO: AZIS/RADAR BOGOR

ARIU-RADAR BOGOR, Tiga kecamatan di Kabupaten Bogor disiapkan menjadi lumbung padi untuk mendukung Indonesia Sebagai Lumbung Pangan Duni 2045. Tiga kecamatan itu yakni Cariu, Tanjungsari, dan Sukamakmur.

Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan, ketiga kecamatan ini merupakan sumber penghasil gabah utama di Bumi Tegar Beriman. Di sana, terdapat 5.186 hektare sawah dan bisa dipanen dua kali dalam setahun.

Optimalisasi terus dilakukan agar produksi pertanian 45 ribu hektare sawah di seluruh Kabupaten Bogor tergarap maksimal. Di sisi lain, Kementerian Pertanian pun terus membantu dalam peningkatan produksi beras di Bumi Tegar Beriman.

Seperti tahun lalu, dengan menerapkan program peningkatan produksi dan produktivitas Padi Inbrida. “Tahun lalu budidaya Padi Inbrida di lahan 1.000 hektare. Juga budidaya Padi Inbrida sebagai pengganti benih padi bersubsidi berupa sarana produksi benih seluas 17 ribu hektare yang tersebar di 889 kelompok tani,” kata dia.

Dengan itu, Ade optimisi Bumi Tegar Beriman segera mencapai swasembada pangan lokak, dari saat ini hanya mampu memenuhi 61 persen kebutuhan beras 5,8 juta penduduk.

Tahun lalu, Kabupaten Bogor mampu memproduksi 353.150 ton beras dari luas panen 85.966 hektare. “Jumlah yang ada memang baru mampu memenuhi 61 persen kebutuhan. Tapi kita optimis mampu tercapai swasembada. Terpenting nilai ekonomis petani meningkat dulu,” pungkas Ade.(cek/ps)