25 radar bogor

Jembatan Ledeng Mengkhawatirkan, Camat: Sudah Diusulkan

BOGOR – RADAR BOGOR,Di Kota Bogor yang katanya sudah modern ini, masih ada saja infrastruktur seperti jalan yang kondisinya cukup memprihatinkan.

Seperti jembatan penghubung Pasar Gunung Batu Bogor menuju Jalan Kota Paris, Kebon Kalapa.

Baru Setahun Diresmikan, Jembatan Cipamingkis Sudah Rusak

Jembatan ini tampak sudah mengkhawatirkan sehingga pengguna baik itu pejalan kaki dan roda dua, dibuat was-was ketika melintas.

Jembatan yang bernama jembatan Ledeng Gunung batu ini, kondisinya sudah keropos. Besi-besi yang mengokohkan bangunan ini pun kini sudah mulai berkarat.

Dan ketika dilintasi, jembatan ini pun bergoyang seakan berirama. Bahkan, jembatan ini pun hanya dialasi dengan papan kayu.

Tentu saja, hal seakan mengancam masyarakat sekitar yang setiap harinya menjadikan jembatan penghubung tersebut sebagai alternatif utama.

Pengurus Jembatan, Ujang Suwardi (73) mengatakan, karena ini satu-satunya jembatan yang menghubungkan antar dua Kecamatan, yakni Gunung Batu dan Kebon Kalapa, maka banyak warga yang melintasi jembatan ini.

Sehingga, tidak heran jika jembatan yang sudah ada sejak 1918 ini cepat rusak. Seperti saat ini, jembatan yang sudah keropos dan goyang-goyang saat dilalui.

“Kondisinya sudah memprihatinkan. Papan kayu yang menjadi alas sudah mulai rapuh. Kini, dana untuk perbaikan masih hasil swadaya masyarakat,” ujarnya kepada Radar Bogor saat ditemui di kediamannya di RT 01/11, Kelurahan Gunung Batu, Bogor.

Camat Bogor Barat, Pupung W Purnama mengatakan, jembatan ini sudah diusulkan sejak tahun lalu untuk diperbaiki dan sudah masuk dalam usulan prioritas musyawarah rencana pembangunan (musrenbang).

“Infonya hasil usulan musrenbang kami sudah masuk dalam rencana pembangunan tahun depan di dinas terkait,” tukasnya.(rp3)