25 radar bogor

Akses Layanan Perbankan dengan Kartu Tani

Warga Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, antre untuk mendapatkan kartu tani, Rabu (13/3/2019).
Warga Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, mendapatkan kartu tani, Rabu (13/3/2019).

TENJO-RADAR BOGOR, Sebanyak 900 kartu tani dibagikan kepada petani yang ada di sembilan desa di aula kantor Kecamatan Tenjo, Rabu (13/3/2019).

Kartu tani merupakan sarana akses layanan perbankan terintegrasi yang berfungsi sebagai simpanan, transaksi, penyaluran pinjaman hingga kartu subsidi (e-wallet).

Kartu ini digunakan untuk penyusunan kebijakan bagi Kementerian Pertanian. Kemudian tranparansi penyaluran dana subsidi, melalui sistem perbankan dan data kebutuhan pupuk secara akurat sampai tingkat pengecer.

“Hari ini (Rabu, red) dari 1.400 petani yang diusulkan, baru 900 orang yang menerima kartu tani. Nantinya, bisa mendapatkan dengan kebutuhan sarana lainnya,” kata Camat Tenjo, Asnan kepada Radar Bogor.

Ia menyebut, ada 1.700 hektare lahan pertanian di wilayah administraifnya. Mayoritas didominasi tanaman padi. Sedangkan jagung sedang ditingkatkan produksi panennya.

“Sebagian lahan Perhutani. Ada juga milik masyarakat. Nantinya petani tidak kesulitan berkaitan dengan pengadaan pupuk maupun yang lain,” kata Asnan.

Sementara itu, Pendamping Penyuluh Petani, Entis Sutisna mengatakan, calon penerima kartu tani sudah melewati proses panjang.

“Nantinya yang mendapatkan kartu untuk penebusan pupuk subsidi bisa dilakukan ke kios yang sudah ditunjuk. Nantinya mereka bisa mengambil jumlah kuota pupuk yang direncanakan,” ucapnya.(nal/b)