25 radar bogor

Tiga Tersangka Diamankan, Istri Teroris Sibolga dan Anaknya Tewas Terpisah-pisah

Polisi menjaga ketat lokasi persembunyiaan teroris yang meledakan diri di Sibolga, Sumatera Utara, Rabu (13/3/2019).
Polisi menjaga ketat lokasi persembunyiaan teroris yang meledakan diri di Sibolga, Sumatera Utara, Rabu (13/3/2019). Foto Sumut Pos

MEDAN-RADAR BOGOR, Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 menangkap tiga orang yang diduga terkait jaringan Jamaah Ansharut Dhaulah (JAD) dan berafiliasi dengan ISIS. Pelaku peledakan Husen alias Abu Hamzah alias Uppang dikenal sebagai seorang petugas reparasi listrik.

Tak banyak informasi yang didapat dari dia selama istri dan anaknya tinggal di Jalan Cendrawasih, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

Lurah Pancuran Bambu Wahyu Aulia Siregar yang dikonfirmasi juga tak menjelaskan detil. Dia tidak mengetahui detil warganya yang terpapar paham radikal.

Bom Meledak di Rumah Teroris Sibolga, Polisi Duga Istri dan Anak Abu Hamzah Tewas

“Pekerjaan sehari-hari Abu Hamzah ahli reparasu listrik. Saya menjadi lurah di sini dan mereka sudah menikah namun tidak pernah melapor,” ujarnya.

Ditanya soal sang istri, Wahyu juga tak mengetahuinya. Sepertinya hanya ibu rumah tangga. Karena anak-anak terduga pelaku masih kecil.

Tak cuma Abu Hamzah, petugas juga mengamankan dua orang terduga teroris lainnya yang ikut dalam jaringan tersebut, diantaranya Agus Khoir dan istrinya Halima.

Dini Hari, Istri Terduga Teroris Sibolga Meledakkan Diri

Mereka ditangkap di sebuah rumah tepatnya di Jalan Sisingamangaraja, Simpang Jalan Gambolo, Kelurahan Pancuran Kerambil, Kecamatan Sibolga. Sambas tak jauh dari lokasi ditangkapnya tersangka Abu Hamzah.

Seluruh terduga pelaku sudah diamankan polisi. Sementara istri Abu Hamzah bersama anak-anaknya tewas dengan tubuh hancur terpisah-pisah akibat bom rakitan dari potasium, paku, mur dan baut yang dibungkus dalam pipa.

Diketahui ada juga bahan peledak lain yang diamankan petugas di Jalan Kutilang, Kelurahan Aek Habil, Kecamatan Sibolga Selatan. Belum diketahui pasti berapa banyak bahan peledak yang diamankan dari sana.

Berikut video keterangan kepolisian terkait teroris di Sibolga yang diambil Sumut Pos:

https://youtu.be/svL1RwAS3IA

(dvs/pin)