25 radar bogor

Jembatan Penghubung Pasar Gunung Batu-Jalan Kota Paris Terancam Ambruk

jembatan penghubung Pasar Gunung Batu Bogor Barat menuju Jalan Kota Paris, Kelurahan Kebon Kelapa, Bogor Tengah.
Warga yang melintasi jembatan penghubung Pasar Gunung Batu Bogor Barat menuju Jalan Kota Paris, Kelurahan Kebon Kelapa, Bogor Tengah, harus ekstra hati-hati karena kondisinya nyaris ambruk.

BOGOR-RADAR BOGOR, Masih ada saja infrastruktur jalan dan jembatan di Kota Bogor, yang kondisinya sangat memprihatinkan. Salah satunya jembatan penghubung Pasar Gunung Batu Bogor Barat menuju Jalan Kota Paris, Kelurahan Kebon Kelapa, Bogor Tengah.

Kini, kondisi jembatan sudah keropos, besi-besinya karatan dan sudah goyang. Bahkan alas lantai di jembatan tersebut hanya mengunakan papan dan itu mengancam masyarakat sekitar yang setiap harinya melintasi kawasan tersebut dari mulai pengendara roda dua hingga pejalan kaki.

Pengurus Jembatan, Ujang Suwardi (73) mengatakan jembatan ini sudah ada sejak tahun 1919. “Kalau jembatannya sendiri sudah ada sejak 1919. Dan namanya itu adalah Jembatan Ledeng Gunung Batu,” ujarnya kepada Pojokbogor.com (Radar Bogor Group) saat ditemui di rumahnya, Rabu (13/03/2019).

Tetapi, lanjutnya, pada tahun 2000 jembatan tersebut pernah diperbaiki namun hanya pipanya saja yang berada di bawah jembatan.

“Saat itu pipa tersebut sudah rusak dan longgar jadi perlu diperbaiki dan hingga sekarang belum diperbaiki lagi,” ucapnya. Ujang mengharapkan agar jembatan tersebut segera diperbaiki.

Karena selama ini untuk perbaikan jembatan yang berada RT 01 RW 11, Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor hasil dari swadaya masyarakat. “Apalagi papan, tiap tahun pasti ada aja yang rusak dan harus di ganti oleh papan baru.(adi/ps)