25 radar bogor

Gagal Login, Gmail Down di Banyak Negara

Ilustrasi Gmail

JAKARTA-RADAR BOGOR,Produk surat elektronik milik Google, Gmail mengalami down. Layanan kirim pesan milik Google ini mengalami gangguan secara global alias tumbang. Pengguna Gmail di hampir seluruh pasar Google pun mengeluhkan layanan yang tengah bermasalah itu.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman DownDetector, Rabu (13/3), area terdampak Gmail yang down meliputi Jepang, Malaysia, Australia, Singapura, Indonesia, Thailand, Filipina, India, Tiongkok, Kanada, dan wilayah lain di Amerika Serikat (AS).

Hingga berita ini dimuat, belum ada keterangan lebih lanjut dari pihak Google selaku si empunya layanan. Namun begitu, perusahaan yang berpusat di California, AS, itu dilaporkan telah mengetahui masalah ini dan sedang berupaya untuk memperbaiki layanan mereka

Laporan soal Gmail yang tumbang di banyak negara dikeluhkan memuncak pada hari ini, Rabu (13/3). Dalam 24 jam terakhir, tercatat ada sebanyak lebih dari 3.528 keluhan dari pengguna Gmail.

Adapun yang paling banyak dirasakan oleh pengguna akibat Gmail yang tumbang adalah gagal login, penerimaan pesan, dan akses lampiran. Gmail down ini juga turut dirasakan pengguna di Jakarta. Mereka merasakan pengiriman pesan gagal alias bounce back. Ada pula yang tidak bisa membuka file yang terlampir di pesan Gmail.

Selain Gmail tumbang, layanan Google lainnya juga dilaporkan bermasalah. Layanan tersebut adalah Google Drive. (JPG)