25 radar bogor

Ayo Buruan! Angkutan Motor Gratis Mudik Bisa Daftar Mulai Hari Ini

Ilustrasi mudik motor gratis
Ilustrasi mudik motor gratis

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka kesempatan bagi pemudik dengan sepeda motor untuk memanfaatkan program Angkutan Motis 2019 dengan kuota 18.096 sepeda motor.

Pembukaan pendaftaran peserta program motis sudah mulai dibuka pada hari ini, Selasa, 12 Maret hingga 25 Mei 2019.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menyampaikan, peserta motis dapat mendaftar secara online melalui website mudikgratis.dephub.go.id dan dapat juga mendaftar langsung di stasiun-stasiun yang telah ditunjuk.

“Selain itu untuk peserta motis yang mendaftar melalui layanan motis contraflow dari daerah, pendaftaran dimulai tanggal 28 April – 12 Juni 2019,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Zulmafendi dalam siaran persnya, Rabu (13/3).

Beberapa stasiun yang menerima pendaftaran motis secara langsung diantaranya, Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang dan Kiara Condong. Sedangkan untuk Stasiun Depok Baru dan Stasiun Tangerang segera menyusul.

“Bagi peserta motis yang mendaftar di awal yaitu dari 25 Maret – 13 Mei 2019, akan mendapatkan keistimewaan berupa fasilitas untuk pembelian tiket KA Ekonomi Komersial dan PSO. Masing-masing peserta akan difasilitasi pembelian tiket KA sebanyak maksimal 3 tiket. Dengan catatan bahwa fasilitasi tiket ini berlaku hanya selama kuota tiket yang dialokasikan masih tersedia,” tuturnya.

Untuk waktu pengantaran ataupun pengangangkutan motis akan dimulai pada tanggal 27 Mei hingga 2 Juni 2019. Kemudian dilanjutkan kembali pada tanggal 8 Juni hingga 13 Juni 2019.

Lintas pelayanan motis tahun 2019 hampir sama dengan penyelenggaraan program motis sebelumnya, yang terbagi atas 3 lintas layanan yaitu

1. Lintas Utara : Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Cikarang/Lemahabang – Stasiun Cirebon Prujakan – Stasiun Tegal – Stasiun Pekalongan – Stasiun Semarang Tawang – Sta. Ngrombo – Stasiun Cepu – Stasiun Bojonegoro – Stasiun Babat – Stasiun Surabaya Pasarturi.

2. Lintas Selatan I : Stasiun Jakarta Gudang – Sta. Cikarang/Lemahabang – Stasiun Cimahi – Stasiun Kiaracondong – Stasiun Sidareja – Stasiun Kroya – Stasiun Gombong – Stasiun Kebumen – Stasiun Kutoarjo.

3. Lintas Selatan II : Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Cikarang/Lemahabang – Stasiun Cirebon Prujakan – Stasiun Purwokerto – Stasiun Kroya – Stasiun Kutoarjo – Stasiun Lempuyangan – Stasiun Klaten – Stasiun Purwosari – Stasiun Madiun – Stasiun Kertosono – Stasiun Jombang – St. Mojokerto – Stasiun Surabaya Pasarturi.

Untuk masing-masing lintas layanan tersebut, kapasitas layanan angkut motis sebesar 464 motor.

Sehingga total keseluruhan 3 lintas layanan tersebut mempunyai kapasitas angkut motis sebesar 1392 motor per hari.

Kemudian selama 13 (tiga belas) hari pelaksanaan program layanan Angkutan Motis ini, kuota yang ditetapkan sebanyak 18.096 sepeda motor.

Berdasarkan Data Ditjen Perkeretaapian, pada penyelenggaraan motis pertama tahun 2014 okupansi keterisian kuota sebesar ± 52 persen.
Kemudian tahun 2015 menjadi ± 55 persen, tahun 2016 sebesar ± 73 persen, lalu pada tahun 2017 menjadi ± 84 persen dan pada tahun 2018 lalu sebanyak 17.147 sepeda motor yang diangkut melalui program motis, artinya realisasi okupansi keterisian kuota telah mencapai ± 90 persen.

“Pemerintah berharap dengan telah dibukanya program layanan motis ini, masyarakat yang berencana mudik dengan sepeda motor, mau memanfaatkan layananan angkutan motor gratis ini, dengan beralih menggunakan motis untuk sepeda motornya, sedangkan pemudik mau beralih naik kereta api ataupun moda angkutan umum lainnya,” tandasnya. (ysp)