25 radar bogor

Selamatkan Ribuan Nyawa, Masinis KA 1722 Dapat Penghargaan dari PT.KCI

Vice President (VP) Communication PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Eva Chairunisa. (dok.Poskotanews)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Masinis KRL KA 1722 yang mengalami kecelakaan di Kebon Pedes kan  mendapat penghargaan dari PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).

Dilansir dar laman kompas.com, Vice President (VP) Communication PT KCI Eva Chairunisa menyatakan, penghargaan itu diberikannya lantaran masinis KRL tersebut dinilai bertanggung jawab.

“Iya dapat reward karena saat kejadian masinis tidak keluar dari gerbong, artinya bertanggung jawab,” ucap Eva, Senin (11/3/2019)

Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), seorang masinis umumnya membawa seribuan lebih penumpang.

“Sehingga dalam SOP-nya, titik terakhir masinis yang mengemudikan KRL pasti dia tidak akan keluar menyelamatkan diri sendiri, karena dia pasti berpikir lebih dari 1.000 orang yang dia bawa dan sesuai dengan sumpah jabatan dan SOP sehingga ia sebisa mungkin untuk mendahulukan penumpangnya,” jelas Eva.

Eva memastikan, keadaan masinis saat mengemudikan KRL dalam kondisi kesehatan dan psikis yang baik.

“Sehat ya, karena cukup ketat pemeriksaan dari kami, malah lebih ketat dari pesawat, tapi coba dipastikan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, setiap masinis yang hendak mengemudikan KRL akan melalui tiga tahapan pengecekan, yaitu pengecekan kesehatan, pengecekan psikotes secara wawancara, dan terakhir tes visual.

“Tujuan tes tersebut meyakinkan kembali marka-marka kereta api atau sinyal-sinyal di lintas yang akan masinis bawa. Tiga tes (kesehatan, psikotes, dan tes visual) tersebut yang harus dilakukan masinis sebelum membawa KRL,” ucapnya.

Kondisi Yakub sendiri sudah membaik meski masih harus mendapatkan perawatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. (kom/ysp)