25 radar bogor

Pemkab Bogor Tambah Dana Insentif Bhabinkamtibmas dan Babinsa Jadi Rp500 Ribu

Bupati Bogor Ade Yasin
Bupati Bogor, Ade Yasin pada sebuah acara di Bogor beberapa waktu lalu.
Bupati Bogor, Ade Yasin berjanji akan menaikan insentif Bhabinkamtibmas dan Babinsa menjadi Rp500 ribu.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten Bogor, bakal menambah dana insentif buat Bhabinkamtibmas dan Babinsa mulai 2020. Setiap Bhabinkamtibmas dan Babinsa akan mendapatkan insentif Rp500 ribu dari sebelumnya Rp250 ribu.

Demikian ditegaskan Bupati Bogor, Ade Yasin. Ini dilakukan guna menghilangkan kesenjangan insentif dari aparat penegak hukum dan RT/RW, berdasar usulan kepala desa masing-masing.

“Insentif RT dan RW sudah naik. Mulai tahun depan, gilirann Babinsa dan Bhabinkamtibmas insentifnya dinaikkan,” ujar Ade usai Rapat Koordinasi Pengamanan Pemilu 2019 di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Selasa (12/3/2019).

Menurutnya, sudah 10 tahun dua aparatur itu tidak menerima kenaikkan insentif. Selain masukan dari kepala desa, Ade juga menerima masukan dari Danramil di setiap kecamatan dan Kapolres Bogor.

“Jadi ini memang aspirasi dari bawah. Sudah lama tidak naik insentifnya. Kan RT/RW sudah naik. Bhabinkamtibmas dan Babinsa kan ikut menjaga keamanan masyarakat maka harus diapresiasi,” ujarnya seperti dikutif dari pojokbogor.

Jika dikalkulasi, Pemkab Bogor harus menyiapkan setidaknya harus menyiapkan anggaran Rp5,2 miliar setahun untuk insentif Bhabinkamtibmas dan Babinsa di 18 kelurahan dan 417 desa se-Kabupaten Bogor.

“Kita usulkan dari tahun ini supaya bisa masuk di APBD 2020. Jadi nanti Bhabinkamtibmas dan Babinsa mendapat Rp500 per bulan dari Pemkab Bogor mulai tahun depan,” tegas Ade.(cek/ps/pin)