Beranda info bogor wisata bogor

Wisata Akhir Pekan di Timur Kabupaten Bogor, Ini Tempatnya

Puntu gerbang Taman Buah Mekarsari Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Tak hanya di wilayah selatan seperti kawasan Puncak, di Kabupaten Bogor masih memiliki banyak tempat bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktunya di akhir pekan. Salah satunya di wilayah timur yang meliputi Kecamatan Gunungputri, Klapanunggal, Cileungsi, Jonggol, Cariu, Tanjungsari, dan Sukamakmur.

Jika wilayah timur yang selama ini tersohor dengan kawasan industrinya, ternyata masih memiliki banyak lokasi wisata tak kalah menariknya dengan kawasan wisata di bagian selatan maupun barat Kabupaten Bogor.

Berikut beberapa tempat wisata di Timur Kabupaten Bogor, yang bisa menjadi reprensi untuk menghabiskan akhir pekan Anda:

Taman Buah Mekarsari


Wisata Taman Buah Mekarsari yang berlokasi di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, merupakan salah satu tempat rekreasi agrowisata yang terkenal di Bogor.

Taman Wisata Mekarsari memiliki 1.470 varietas tanaman buah dan 100.000 pohon, termasuk di antaranya tanaman rempah, tanaman biofarma, tanaman pangan, tanaman hias, tanaman sayur, tanaman industri, dan tanaman pelindung.

Di sini terdapat pula laboratorium untuk menyilangkan beberapa varietas tumbuhan yang menghasilkan Barbados cherry, jambu air irung petruk, jambu air cengkih, nenas arnis, jambu air toon klow, serta persilangan buah cempedak dan nangka yang dinamakan pedakka, cempeka, dan nangkadak.

Selain itu, di Taman Wisata Mekarsari, anda juga dapat menjumpai tanaman-tanaman langka seperti bunga bangkai, sawo kecik, kesemek, serta tanaman-tanaman tropis seperti salak, nangka, jeruk, rambutan, belimbing, melon, dan masih banyak lagi.

Water Kingdom Mekarsari


Masih satu lokasi dengan Taman Buah Mekarsari, bagi anda yang suka bermain air, bisa menghabiskan akhir pekannya di Water Kingdom. Lokasi wisata family aquatic adventure park ini menyediakan berbagai fasilitas rekreasi yang mendidik dan menyehatkan dengan menggabungkan prinsip bermain (play), pendidikan jasmani (physical education), olahraga (sport), rekreasi (recreation) dan ritme gerak manusia dalam zona kenyamanan (leisure).

Sebagai wahana rekreasi yang dihadirkan untuk keluarga, beragam fasilitas untuk berbagai usia, seperti toddler pool, wave pool, olympic pool, leisure pool, kiddy pool dan splash plaza juga tersedia dengan berbagai keistimewaannya.

Puas berenang, Water Kingdom menyediakan beragam jenis makanan dan minuman di gerai-gerai yang tersebar di deretan restaurant, juice bar, food stall, coffee shop dan food court untuk para pengunjungnya.

Kampung Cina Kota Wisata


Kampung China Cibubur,tepatnya berada di Komplek Perumahan Kota Wisata (Kota Sejuta Pesona), yang secara geografis (lihat di peta) masuk wilayah Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor.

Kampung China, bukanlah satu-satunya yang ada di Kota Wisata, ada Kampung Indonesia, Kampung Jepang, Kampung Amerika, Kampung Eropa, Fantasy Island (Recreation Center) dan tempat lainnya.

Untuk menuju ke Kota Wisata tidaklah sulit, sebagai patokan adalah keluar pintu tol Cibubur atau Bumi Perkemahan Pramuka (Buperta), bila kita memasuki jalan tol Jagorawi.

Setelah itu lurus saja melalui Jalan Trans Yogie (Alternatif Cibubur) menuju arah Jonggol Cileungsi atau Taman Buah Mekar Sari berkisar jaraknya 13 km, kita akan menemukan plang besar bertuliskan Kota Wisata-Kota Sejuta Pesona (bergambar bangunan berkincir), masuk saja tanpa pungutan biaya,yang jaraknya berkisar 1 km.

Anda akan menemukan pintu masuk Kampung China bertuliskan Gerbang Kemakmuran dengan 2 buah patung besar membawa pedang dan obor, dengan penuh hiasan lampion merah.

Kebun Wisata Pasirmukti Citeureup


Kebun Wisata Pasirmukti dengan lahan seluas 15 haktare adalah kebun wisata agro yang ramah lingkungan dengan panorama hamparan sawah diantara kebun buah dan kolam pancing ikan.

Wahana wisata alam ini terletak diantara Desa Tajur, Desa Pasirmukti, dan Gunungsari, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Kebun Wisata Pasirmukti dapat ditempuh ± 60 menit dari Jakarta. Jam operasional Kebun Wisata Pasirmukti adalah pukul 08.00–17.00 WIB setiap hari.

Lokasi ini bisa dibilang tempat wisata edukasi. Sehingga, lokasi ini sangat cucok untuk anak-anak usia dini atau PAUD, TK, SD, SMP, SMA bahkan sampai perguruan tinggi semuanya dapat terpenuhi. Tiket masuknya pun sangat bersahabat.

Legok Jamboe


Bagi wisatawan yang ingin lebih jauh menjelajah wilayah timur, tidak salahnya berkunjung tempat wisata yang satu ini, yakni Legok Jamboe.

Radar Bogor belum lama ini berkesempatan menyambangi lokasi wahana baru tersebut. Lokasinya berada di Kampung Pasanggrahan, Desa Karya Mekar, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor. Perpaduan warna-warni memukau mata, payung-payung berjajar di antara teduhnya pepohonan.

“Kami dirikan ini sejak tahun 2010, selama delapan tahun dikit demi sedikit akhirnya terpenuhi. Dan dibuka pertama kali untuk umum 17 mei lalu,” ujar Owner Legok Jamboe Santosa kepada Radar Bogor.

Legok Jamboe mengusung konsep wisata back to nature. Karena letak Legok Jamboe berada diperbukitan, arsitektur wahana wisata sesuai kontur alam tanpa merusaknya. Sedangkan tema Legok jamboe mengusung “The Real Adventure”. Nah, lokasi ini menantang pengunjung berwisata dengan mengeksplore dan menyatu keindahan alamnya.

Tempat Penangkaran Rusa Cariu


Tidak jauh dari Kecamatan Carui, tentu tidak asing lagi bagi masyarakat Bogor kalau di sana ada tempat penangkaran rusa seperti rusa-rusa yang ada di Istana Bogor.

Bila selama ini anak-anak hanya bisa mengenal rusa dari balik jeruji kandang atau pagar besi, ada baiknya mencoba mengajak mereka ke sebuah penangkaran rusa di perbatasan Bogor-Cianjur. Di penangkaran ini para pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa cantik dan jinak tanpa dibatasi pagar atau pembatas apapun!

Penangkaran Rusa ini dikenal dengan nama Wana Wisata Penangkaran Rusa Cariu, meskipun lokasi tepatnya sekarang berada di desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, bukan kecamatan Cariu.

Tempat Wisata Sukamakmur

Curug Cipamigkis Sukamakmur

Bagi wisatawan yang suka tantangan berwisata di alam terbuka nan menantang, ada baiknya menjelajahi beberapa tempat wisata di Kecamatan Sukamakmur. Salah satunya Wisata Gunung Batu.

Bagi anda yang menyukai pendakian, tempat wisata ini tentu sangat cocok. Selain gunung batu, di kecamatan yang berbatasan langsung dengan Jonggol dan Citeureup ini juga terdapat beberapa tempat wisata lainnya, seperti Situ Rawa Gede, Bukit Cinta, Curug Cipamingkis, Hutan Pinus Cipamingkis, Curug Cibereum, Curug Country, dan Villa Khayangan.

Nah, untuk menuju kawasan ini, bisa melalui Jonggol bagi wisatawan dari daerah Cileungsi atau Bekasi dan sekitarnya. Bagi wisatawan dari Depok, Bogor, dan Jakarta, alangkah baiknya melewati jalan alternatif Tajur Citeureup.(pin)

Baca Juga