25 radar bogor

Longsor Timbun Tambang Emas di Sulut, 2 Pekerja Tewas!

BOLAANG MONGONDOW-RADAR BOGOR,Belasan orang dievakuasi dari lubang galian sebuah tambang emas tak berizin di Desa Bakan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Tambang tersebut mengalami longsor, Selasa (26/2/2019) malam

Kepala Pusat Data dan Informasi Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho menyebut 2 orang tewas, dan 14 lainnya selamat dalam kejadian ini.

“Hingga 27/2/2019 pukul 14.00 Wita korban longsor tambang emas di Desa Bakan Kec Lolayan Kab Bolaang Mongondow:
Pada pukul 13.30 Wita berhasil dievakuasi 1 orang dalam kondisi meninggal dunia sehingga korban yanf telah dievakuasi menjadi 16 orang: 2 orang tewas & 14 orang selamat,” ujar Sutopo lewat akun twitternya @Sutopo_PN.

Dilansir dari laman CNNIndonesia.com, longsor di lokasi penambangan liar itu terjadi pukul 21.00 WITA. Saat longsor terjadi puluhan orang ada di dalam lubang sedang menambang emas.

Sutopo menuturkan longsor dipicu oleh patahnya tiang dan papan penyangga lubang galian akibat kondisi tanah yang labil dan banyak lubang galian.

“Sejak menerima informasi dari masyarakat, BPBD Bolmong langsung berkoordinasi dengan Basarnas Pos SAR Kotamobagu, Polsek Lolayan dan Koramil Lolayan untuk melakukan evakuasi korban tertimbun material longsoran,” ujar Sutopo. (wis/cnn/ysp)