25 radar bogor

Festival Pencak Silat Seni Tradisi Terbuka Botani Square Cup VII 2019, Saring Lima Provinsi

BOGOR-RADAR BOGOR, Festival pencak silat seni Tradisi Terbuka Botani Square Cup VII tahun 2019 resmi dibuka dan menghadirkan empat provinsi lain, dimana sebelumnya hanya diikuti wilayah Jawa Barat dan sekitanya saja.

Festival yang mengusung tema “Pencak Silat Martabat untuk Bangsa” ini dihadiri sejumlah pejabat Pemkot Bogor, Kepolisian, TNI, para pendiri pencak silat di se-Bogor dan juga beberapa tokoh masyarakat.

Sekjen Padepokan Pencak Silat Sangsaka Buana Indonesia Helmi Sutikno menjelaskan, tahun ini peserta yang ikuti berasal dari berbagai provinsi yakni Jambi, Lampung, DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Kegiatan ini, lanjut dia, ini sudah yang ketujuh kalinya digelar dengan dihimpun oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI).

“Fokus utama pembinaan khususnya atlet Jawa Barat. Karena, tradisi pencak silat harus terus dikembangkan agar tidak termakan zaman modern,”

Nantinya, lanjut Helmi, atlet yang berasal dari Bogor bakal dipilih untuk diikutkan pada kejuaraan tingkat Nasional maupun persiapan Porda 2022 mendatang dan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020.

“Festival ini digelar setahun tiga kali, dan peserta yang mengikuti berasal dari lima provinsi dari perwakilan perguruan,”kata Helmi kepada Radar Bogor, Jumat (22/2).

Helmi juga menambahkan, banyak pesilat luar daerah yang berpotensi, namun untuk Bogor masih mendominasi bahkan bisa mempertahankan juara umum tahun 2019.

“Setiap tahun berbeda penampilan, bahkan nanti kita setting pola yang lain, yakni lomba pencak silat usia 84, itu yang menarik,”tambahnya. (nal/c)