25 radar bogor

Tiongkok Naturalisasi Pemain Kelahiran Norwegia

TIONGKOK-RADAR BOGOR, Sejarah ditorehkan salah seorang pemuda dalam sepak bola Tiongkok, Pemuda tersebut bernama John Hou Saeter.

Hou Saeter dinaturalisasi karena memiliki garis keturunan Tiongkok dari ibunya, sementara ayahnya berasal dari Norwegia. Ia mendapat kewarganegaraan Tiongkok setelah melepas identitas negara kelahirannya.

Sang pemuda berusia 21 tahun musim 2019 ini akan berkiprah di Liga Super Tiongkok (CSL) setelah didatangkan Beijing Guoan dari klub Norwegia, Stabaek.

Hou Saeter, yang juga punya nama Tiongkok Hou Yongyong, pernah memperkuat tim nasional Norwegia U-15 hingga U-18, namun dengan status baru ia kini bisa membela tim senior Tiongkok di ajang internasional.

Federasi Sepakbola Tiongkok (CFA) tampak gencar mengikuti tren penggunaan pemain keturunan dan klub-klub CSL mulai bergerak untuk memantau pemain berdarah campuran yang berada di mancanegara.

Guangzhou Evergrande juga baru merekrut bek muda Inggris, Tyias Browning dari Everton yang diketahui juga memiliki garis keturunan Tiongkok dari neneknya. (goa/ysp)