25 radar bogor

TCash Berubah Nama Jadi LinkAja, Terintegrasi Fintech BUMN

Ilustrasi: Perubahan nama layanan dompet elektronik TCash menjadi LinkAja. (Istimewa)

JAKARTA-RADAR BOGOR,Platform dompet elektronik TCash dari Telkomsel berubah nama menjadi LinkAja. Perubahan TCash menjadi LinkAja merupakan buah dari peleburan beberapa layanan financial technology (fintech) milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Dalam hal ini, BUMN membuat platform sistem pembayaran pelat merah yang terintegrasi, yakni PT Fintek Karya Nusantara (Finarya). TCash sendiri berubah menjadi LinkAja terhitung mulai 22 Februari 2019. Dengan perubahan ini, aplikasi TCash otomatis terkonversi menjadi LinkAja, sedangkan pelanggan yang masih menggunakan USSD perlu memberikan persetujuan melalui menu akses *800#.

Direktur Finarya Danu Wicaksana mengatakan, mulai 22 Februari 2018, layanan uang elektronik TCash efektif berubah menjadi LinkAja. “Pelanggan TCash tidak perlu khawatir, karena semua layanan dan fitur yang sebelumnya tersedia pada layanan TCash tetap dapat diakses dan dinikmati pada layanan LinkAja. Terlebih lagi, kami akan mengembangkan berbagai fitur baru untuk LinkAja dari waktu ke waktu,” jelas Danu yang dulunya menjabat sebagai CEO TCash itu.

Danu lantas menegaskan kembali tentang program inklusi keuangan yang selama ini menjadi komitmen TCash. Layanan keuangan yang menyeluruh dari LinkAja diharapkan dapat semakin mengakselerasi inklusi keuangan dan mempercepat terbentuknya cashless society yang diusung pemerintah dalam Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT). “Selain itu, Linkaja bertujuan untuk melengkapi ekosistem pembayaran digital di Indonesia.”, tutup Danu.

Seperti sudah disinggung di atas soal peleburan fintech BUMN antara TCash dan layanan lainnya, LinkAja merupakan sinergi dari produk uang elektronik di antaranya Bank Mandiri (e-cash), BNI (Unikqu), BRI (Tbank), serta Telkom Group (TCASH dan T-money).

Pihak LinkAja juga menyebut bahwa konsumen akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dan kemudahan dari sinergi BUMN ini. BUMN juga bisa lebih efisien dan efektif mengelola produk keuangan elektronik dalam satu platform.

Adapun untuk pengguna TCash yang akan menggunakan LinkAja, pelanggan hanya perlu melakukan update aplikasi TCash. Sementara untuk pengguna baru dapat melakukan download dan registrasi aplikasi LinkAja di Google Play Store untuk Android dan App Store bagi pengguna iOS.

Saldo pada TCash akan dikonversi secara otomatis menjadi saldo di akun LinkAja dengan nilai yang sama. (JPG)