25 radar bogor

Pemkab Bogor Janji Bangun 19 Ribu Unit RTLH Setiap Tahun

Salah satu RTLH di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, yang hingga sekarang belum tersentu bantuan pemerintah.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Masih banyaknya rumah tidak layak huni (RTLH) di Bumi Tegar Beriman, tentu menjadi pekerjan rumah buat Bupati Bogor, Ade Yasin. sebab, sudah belasan tahun program penuntasan RTLH ini digulirkan belum juga tuntas.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dibawah kepemimpinan Ade Yasin dan Wakilnya Iwan Setiawan akan terus melanjutkan program tersebut.

Meski target merehabilitasi 86 ribu unit RTLH telah tercapai selama periode 2013-2018 tidak menghentikan program tersebut. Meskipun di era Pancakarsa (visi-misi) Ade-Iwan, RTLH bukan prioritas utama.

“Masih ada. Kita siapkan rata-rata per tahun 19 ribu unit direhabilitasi,” ujar Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Lita Ismu, Jumat (22/2/2019).

Menurutnya, pembangunan RTLH saat ini, tidak menjadi tupoksi DPKPP sepenuhnya, melainkan akan ditangani beberapa dinas, seperti Dinas Sosial salah satunya.

“Jadi lebih tersebar. Kalau untuk pemetaan kita belum lakukan lagi. Tapi kalau program masih berjalan kok,” katanya.

Besaran anggaran pun, kata Lita, masih seperti sebelumnya, yakni Rp10 juta untuk setiap unit RTLH. “Tapi kan rehabilitasi ada yang dilakukan TNI atau Kementerian Sosial,” jelas Lita.

Selain RTLH, Lita juga tengah berkutat untuk menyelesaikan penyediaan listrik pedesaan. Hingga 2017, rasio elektrifikasi di Kabupaten Bogor baru mencapai 98,76% sementara target akhir tahun 2018 rasio elektrifikasi 98%.

“Tapi kita terus pacu. Untuk pemenuhunan listrik desa, kendalanya medan yang berat, yah. Karena infrastruktur listrik sulit masuk jika medannya berat. Seperti di pegunungan atau pedalaman,” katanya.(cek/ps)