Beranda Olahraga

Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP, Digelar di Sirkuit Mandalika

Ilustrasi Sirkuit Mandalika Lombok

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sejak 2016, geliat Indonesia menjadi tuan rumah satu seri di ajang MotoGP beredar kencang. Dari Sirkuit Sentul di Bogor, hingga Sirkuit Jakabaring Palembang muncul bergiliran untuk dipromosikan. Tetapi, pada akhirnya tidak ada kelanjutan.

Terakhir, pengelola Mandalika di Lombok dikabarkan sudah menandatangani MoU dengan Dorna (operator MotoGP). Tujuannya untuk memastikan satu slot MotoGP 2021 buat Sirkuit Mandalika. “Kami sudah mendengar informasi itu,” kata Sekjen IMI Pusat, Jeffrey Joko Prakoso ketika dikonfirmasi.

Selanjutnya, IMI berkomitmen mendukung pengelola Mandalika terkait proses perizinan. Informasi yang beredar, sirkuit akan dibangun perusahaan asal Prancis, Vinci Contruction Grands Projects. “Untuk kebutuhan sertifikasi lintasan akan melalui kami untuk kami lanjutkan ke FIM,” terangnya.

Menurut Jeffrey paling lambat sirkuit harus selesai sebelum musim 2021 bergulir. Indonesia sebelumnya bersaing dengan Brasil untuk menggelar satu seri Moto GP pada 2021. Tetapi pada akhirnya Dorna memilih Indonesia.

Perlu diketahui Rencana tersebut diinisiasi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Mereka bekerja sama dengan Vinci Contruction Grands Projects untuk proses pembangunan sirkuit yang dijadwalkan mulai Oktober 2019 mendatang.

Street circuit yang akan digunakan nantinya hasil mengadopsi dari sirkuit jalanan Singapura dan Monako. Prosesnya membutuhkan waktu sekitar setahun lamanya. Selanjutnya menjelang musim 2021 bergulir bisa dilakukan uji coba di dan proses penyesuaian akhir.

Rencana MotoGP 2021 yang berlangsung di Mandalika tersebut mendapatkan dukungan dari pembalap muda tanah air. Galang Hendra Pratama, rider Yamaha yang membalap di SSP300 WSBK mendukung berlangsungnya satu seri MotoGP di Indonesia.

“Saya pribadi belum mencoba street circuit yang dimaksud. Kalau seperti di Monako yang juga aspal harian, mungkin cepat rusak,” ujarnya ketika dikonfirmasi tadi malam. Galang kini tengah menjalani persiapan di Spanyol menuju musim baru 2019. Seri pertama SSP300 bakal berlangsung di Aragon, Spanyol, 5-7 April mendatang.

Hal yang sama juga disampaikan Rafid Topan Sucipto. Rider Jakarta yang sempat mencicipi Moto2 pada 2013 itu menyebut rencana untuk membuat street circuit perlu dipertimbangkan lagi.

“Selama saya ikut di Moto2 memang sirkuitnya permanen semua, bukan knock down,” kata rider yang akan turun di kelas AP 250, Asia Road Racing Championship 2019. Tetapi, dia optimistis bila memang ada sponsor besar yang berencana untuk memberikan dukungan race yang berlangsung di Mandalika. (nap)

Baca Juga