25 radar bogor

Tata Simpang Ciawi, Pemkab Bogor Bagi Anggaran dengan Pemprov DKI

Terminal di Ciawi
Suasana lalu lintas di Simpang Ciawi, Lokasi itu sangat membutuhkan keberadaan terminal.

CIAWI-RADAR BOGOR, Terkait rencana penataan Simpang Ciawi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan mengandeng Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Penataan tersebut, rupanya sejalan dengan keinginan Pemprov DKI Jakarta, untuk membangun Pasar Kotor sebagai transit produk pertanian yang dikirim ke Jakarta.

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan Pemprov DKI Jakarta, untuk pembelian lahan di sekitaran Ciawi yang difungsikan sebagai lokasi pembangunan Pasar Kotor.

“Nah, nanti terintegrasi dengan terminal yang direncanakan Kecamatan Ciawi. Ini harus ditindaklanjuti,” katanya kepada Radar Bogor.

Melihat rencana pembangunan pasar kotor menjadi kepentingan bersama, Iwan mengatakan, perlunya komunikasi lebih lanjut dengan pemerintah pusat untuk merealisasaikannya. “Ini saya juga mau cari tau konkrit dari kerjasama itu. Nanti pembelian lahannya bisa dari Pemprov DKI Jakarta atau dari Pemerintah Pusat,” ungkapnya.

Berkaitan dengan penataan Simpang Ciawi, Iwan meminta Pemerintah Kecamatan Ciawi siap dalam pengadaan lahan yang difungsikan sebagai lokasi untuk pembanguan terminal tersebut. “Pemkab akan siap. Tapi kecamatan siap gak mengadakan lahannya. Kalau pembebasan lahannya, kita oke,” ucapnya.

Nantinya, kata Iwan, puluhan pedagang kaki lima (PKL) di simpang Ciawi pun rencananya akan pindah ke pasar kotor tersebut. “Jadi ada terminal dan PKL disana nantinya. Mungkin jadi PKL tidak di Pasar Ciawi. Tapi ini masih akan didiskusikan lagi,” tegas Iwan.

Dalam pembangunan terminal, lanjut dia, untuk membereskan lahannya yang susah, sehingga, perlu adanya komitmen camat, kades dan lain sebagainnya. Bilamana anggarannya akan dikucurkan. “Kalau anggarannya sudah ada, terus eksekusi pembebasan tidak ada. Jangan hanya menawarkan, tapi tidak mau bergerak,” pungkasnya. (rp1/c)