25 radar bogor

Gaji Perangkat Desa Batal Naik, Ini Reaksi Apdesi Kabupaten Bogor

Ketua Apdesi Kabupaten Bogor Ansori Setiawan

BOGOR-RADAR BOGOR, Penyetaraan gaji perangkat desa yang ditunda hingga Januari 2020, membuat Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bogor, kecewa. Lantaran perangkat desa di Kabupaten Bogor sudah berharap bisa menerima gaji setara PNS tahun ini.

Gara-gara Ini Gaji Perangkat Desa Batal Naik, Ditunda Januari 2020

Kekecewaan sudah pasti. Makanya penundaan ini akan kita sampaikan kepada perangkat desa dalam rapat kerja pada tanggal 25 dan 26 Februari nanti,” ujar Ketua Apdesi Kabupaten Bogor Ansori Setiawan kepada Radar Bogor.

Meski kecewa, keputusan penudaan gaji setara PNS mau tak mau harus diterima oleh semua pihak. Termasuk perangkat desa di Kabupaten Bogor. Hanya saja Ansori khawatir, penundaan bakal menimbulkan reaksi protes dari para perangkat desa. “Jangan sampai nanti staf desa gagal fokus dan salah paham. Karena mereka mengira mulai digaji setara PNS,” imbuhnya.

Wacana penyetaraan gaji perangkat desa setara PNS memang sangat menarik perhatian. Tak heran, belakangan banyak perangkat desa yang diberhentikan secara tiba–tiba. Bahkan, ada beberapa perangkat desa yang saling ‘titip’.

“Padahal dalam aturan tidak boleh memberhentikan perangkat desa begitu saja. Makanya selain informasi terkait penundaan gaji setara PNS, dalam raker nanti masalah itu juga akan kami bahas,” tukasnya. (far/dka/d)