25 radar bogor

FBI Ikut Cari Pembunuh Noven, Kompolnas: Itu Hal Biasa

BOGOR – RADAR BOGOR,Bantuan yang diminta oleh Polda Jawa Barat melalui Mabes Polri dengan Biro Investigasi Federal Amerika Serikat alias FBI bukanlah hal yang baru.

Beberapa kasus lainnya yang memerlukan kerjasama antar negara pun sering dilakukan.

Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Andrea H Poeloengan mengatakan, kerjasama polisi antar negara merupakan hal yang sudah biasa.

FBI Dilibatkan Dalam Kasus Pembunuhan Noven, Ini Reaksi Warganet

Istilahnya sering dikenal dengan nama Police Brotherhood. Beberapa kasus yang biasa dikerjasamakan bisa meliputi pengungkapan teroris dan penyelundupan narkoba. Kemudian pencucian uang, cyber crime, illegal logging, korupsi, malpraktik chiropractic dan lainnya.

“Bahkan kasus pornografi anak juga pernah kerjasama,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (20/2).

Menurutnya tak ada masalah dalam pengungkapan kasus ini. Karena semua elemen kepolisian yang ada di jajaran Polri turun tangan.

Hanya saja belum ada titik terang untuk mengungkapnya. Dengan meminta bantuan FBI untuk peningkatan pixel gambar pada CCTV itu juga bukan berarti bisa langsung mengungkap pelaku. Sebab tetap harus mencari keberadaannya.

“Kapolda sudah jujur dan meminta bantuan FBI untuk peningkatan pixel gambar, itu pun hasilnya belum tentu bisa mendapatkan pelaku, karena masih harus di cari,” terang dia.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengaku tak bisa menjelaskan secara teknis alat apa yang dipinjam dan sejauh mana proses peminjaman itu. Namun Mabes Polri sudah membackup.

Kejar Pelaku Pembunuhan Noven, Polisi Libatkan FBI

“Itu kan forensik, artinya kita akan menggunakan segenap sumber daya potensi yang ada,” ungkapnya.

Mengenai target, dia menegaskan bahwa secepatnya untuk mengungkap kasus yang meregang nyawa siswi SMK di Gang Masjid Bogor Raya itu.

“Secepatnya, kalau memang sudah terungkap untuk apa ditunda, kecuali memang ada kendala dan kendala itu kan teknis,” pungkasnya. (gal)